EKA FITRIANA , 1313054012 (2018) MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (IT) QURROTA A’YUN BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1917Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1679Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran sentra yang ada di TK IT Qurrota A’yun Bandar Lampung. Fokus dalam penelitian ini yaitu tentang persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pendukung serta penghambat model pembelajaran sentra yang ada di TK IT Qurrota A’yun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan berbagai sumber dan metode. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru di TK IT Qurrota A’yun Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi model pembelajaran sentra sudah sesuai dengan Depdiknas. Terlihat dalam persiapan pembelajaran guru merencanakan RPPH yang didalamnya terdapat tema maupun pijakan sentra dan alat permainan. Pelaksanaan pembelajaran mengacu pada 4 pijakan dalam sentra. Evaluasi pembelajaran menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan rating scale. Pendukung TK ialah menggunakan dua kurikulum (IT dan Permendiknas), dan lebih menerapkan pada pembelajaran berbasis Islami. Sedangkan yang menjadi penghambat adalah jenis main yang digunakan dalam pembelajaran sentra kurang bervariasi. Kata kunci: anak usia dini, model sentra, taman kanak kanak ABSTRACT The purpose of this research was to describe the learning center model at TK IT Qurrota A’yun Bandar Lampung. The focus is about the preparation, implementation, evaluation and support and detention of the learning center model at TK IT Qurrota A’yun. The kind of this research is used descriptive qualitative. Data collection tool is the observation, interview and documentation. The research used Miles and Huberman models. Data validity used triangulation from resources and methods. Data resources is the principal and teacher at TK IT Qurrota A’yun Bandar Lampung. The research results show that from the preparation, implementation, evaluation in learning center model had suitable with Depdiknas. It ws saw in the prepare learning of teacher planned RPPH and plaything, implementation of learning reffered to 4 footing in the center. Evaluation of learning, using observation, documentation, interview and rating scale. Supported TK to use 2 curriculum (IT and Permendiknas), and more applied to learn Islamic based. While, the detention is the types of games used in the learning center are still less varied. Keywords: early childhood, centers approach, kindergarden
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Pengguna Deposit: | 58486336 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Mar 2018 07:01 |
Terakhir diubah: | 01 Mar 2018 07:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30650 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |