TINDAK TUTUR PERSUASI PADA BROSUR LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI BANDAR LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Fittriandhari , 1313041030 (2018) TINDAK TUTUR PERSUASI PADA BROSUR LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI BANDAR LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (756Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (992Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur persuasi yang terdapat pada brosur layanan bimbingan belajar di Bandar lampung dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah tuturan yang terdapat pada brosur layanan bimbingan belajar di Bandar lampung. Data penelitiannya brosur layanan bimbingan belajar sebanyak 10 data yaitu, bimbel Hafara, As-Samba, Primagama, Nurul Fikri (NF), KSM, junior, ganesha operation (GO), SGELC, Azwana dan smart global Education. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah mengambil brosur layanan bimbingan belajar, mengidentifikasi data yang mengandung teknik persuasi, mengklasifikasi jenis data berdasarkan teknik persuasi dan mengdeskripsikan tindak tutur persuasi pada brosur layanan bimbingan belajar di Bandar lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam teknik persuasi yang digunakan pada brosur layanan bimbingan belajar meliputi (1) rasionalisasi, (2) identifikasi, (3) Sugesti, (4) konformitas, (5) kompensasi (6) penggantian dan satu teknik yang tidak terdapat pada brosur layanan bimbingan belajar di Bandar lampung yaitu teknik Proyeksi. Penelitian ini menggunakan bentuk tindak tutur langung dan tindak tutur tidak langsung. Teknik persuasi yang lebih dominan digunakan oleh brosur layanan bimbingan belajar ialah teknik sugesti 23 data, identifikasi 21 data. Teknik konformitas 8 data, penggantian 5 data, rasionalisasi 4 data dan paling sedikit yang digunakan adalah teknik kompensasi. Hasil penelitian berupa tuturan persuasi pada brosur layanan bimbingan belajar yang dapat digunakan sebagai contoh dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan kompetensi dasar 3.4 menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan atau poster dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan 4.4 menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan atau poster secara lisan maupun tulisan yang sesuai dengan silabus kurikulum 2013 yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2016. Kata kunci: tindak tutur persuasi, brosur, layanan bimbingan belajar, implikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 84528699 . Digilib
Date Deposited: 28 Feb 2018 05:21
Terakhir diubah: 28 Feb 2018 05:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30652

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir