NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Lusy Tri Lestari, 1013041037 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1330Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1330Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan pembelajarannya di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan menyusun rancangaan pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis teks. Data dalam penelitian ini dianalisisdengan cara membaca secara keseluruhan isi novel, menandai dan mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam novel. Langkah selanjutnya adalah menganalisis dan memberi simpulan hasil analisis nilai pendidikan karakter serta menyusun rancangan pembelajarannya di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata berjumlah sebelas nilai. Kesebelas nilai tersebut adalah religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab. Sedangkan tujuh nilai lainnya tidak penulis temukan dalam novel, ketujuh nilai tersebut adalah jujur, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, gemar membaca, dan peduli lingkungan. Nilai pendidikan karakter tersebut hadir dengan berbagai cara. Ada yang tampak melalui ucapan atau perkataan tokoh, ada yang hadir melalui peristiwa yang terjadi dalam novel, dan ada juga yang tampak melalui perilaku atau perbuatan tokoh. Nilai pendidikan karakter yang paling baik dijadikan bahan ajar sastra adalah nilai pendidikan karakter yang hadir lewat perilaku tokoh. Hal tersebut akan memudahkan siswa dalam menginterpretasi nilai yang terkandung dalam novel sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Novel Sang Pemimpi dapat dibuat rancangan pembelajarannya sebagai alternatif bahan pembelajaran di SMA, khususnya kelas XII semester genap, dengan kompetensi dasar menginterpretasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 42031053 . Digilib
Date Deposited: 28 Feb 2018 06:35
Terakhir diubah: 28 Feb 2018 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30680

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir