PENGARUH PENAMBAHAN ASAM SITRAT TERHADAP PROSES NON-ENZIMATIK BROWNING JUS BUAH PIR YALI (Pyrus bretschneideri Rehd.) YANG DIPANASKAN PADA SUHU 60 OC

Victoria Agatha Angela Sirait, 1417021123 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM SITRAT TERHADAP PROSES NON-ENZIMATIK BROWNING JUS BUAH PIR YALI (Pyrus bretschneideri Rehd.) YANG DIPANASKAN PADA SUHU 60 OC. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (593Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (481Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa konsentrasi asam sitrat yang efektif untuk menghambat proses non-enzimatik browning jus buah Pir Yali. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Botani, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung pada bulan Oktober-November 2017. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap yang terdiri dari 5 ulangan. Proses penghambatan non-enzimatik browning diuji dengan pemberian asam sitrat sebagai faktor utama dengan lima taraf konsentrasi yaitu 0% b/v, 2,5% b/v, 5% b/v, 7,5% b/v dan 10% b/v. Parameter kualitatif adalah level gula pereduksi dan aktivitas enzim dehidrogenase. Parameter kuantitatif adalah indeks browning dan kandungan karbohidrat terlarut total. Uji Levene, analisis ragam dan Uji Tukey dilakukan pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level gula pereduksi mengalami peningkatan seiring dengan peningkatan konsentrasi asam sitrat. Penurunan aktivitas enzim dehidrogenase terjadi seiring dengan peningkatan konsentrasi asam sitrat. Konsentrasi asam sitrat 7,5% b/v efektif menghambat non-enzimatik browning jus buah Pir Yali dengan penurunan indeks browning sebesar 21%. Kandungan karbohidrat terlarut total mengalami peningkatan sebesar 7% pada konsentrasi asam sitrat 7,5% b/v. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa asam sitrat pada konsentrasi 7,5% b/v bersifat inhibitor terhadap proses non-enzimatik browning dan aktivitas enzim dehidrogenase, namun bersifat stimulator terhadap kandungan karbohidrat terlarut total dan level gula pereduksi. Kata kunci : asam sitrat, browning, jus Pir Yali.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 41646054 . Digilib
Date Deposited: 28 Feb 2018 09:06
Terakhir diubah: 28 Feb 2018 09:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30686

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir