PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM HOME INDUSTRI KERAJINAN GERABAH ERRI ART

M. TAUFAN HIDAYAT, 1316051049 (2018) PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM HOME INDUSTRI KERAJINAN GERABAH ERRI ART. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1167Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1168Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu strategi bisnis yang tepat kepada UMKM Home Industri Kerajinan Gerabah Erri Art berdasarkan Business Model Canvas. Tipe penelitian menggunakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan snowball sampling. Informan dari penelitian ini adalah pemilik, karyawan, dan konsumen UMKM Erri Art. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian identifikasi Business Model canvas ini dapat memberikan pilihan pengembangan strategi bisnis yang tepat untuk UMKM Erri Art dimasing-masing elemen. Elemen customer segment perusahaan fokus pada semua kalangan dari berbagai lapisan sosial masyarakat. Elemen value proposition difokuskan pada pengurangan risiko, pelayanan, serta memaksimalkan peranan sebagai produk unggulan. Elemen channel memerlukan peningkatan promosi melalui media online. Elemen customer relationships perusahaan diperlukan kecakapan karyawan dalam melayani konsumen. Elemen revenue streams perusahaan memiliki keunggulan dari sektor jasa sebagai tempat edukasi wisata. Elemen key resources perusahaan terdiri dari sumber daya fisik, sumber daya intelektual, sumber daya manusia, dan sumber daya finansial. Elemen key activies terletak pada proses produksi dan kegiatan jasa wisata edukasi. Elemen key partnerships perusahaan diarahkan untuk lebih memaksimalkan peranya sebagai mitra binaan DEKRANASDA untuk kemajuan perusahaan. Sedangkan elemen terahir yakni cost structure dari UMKM Erri Art terdiri dari biaya tetap, dan biaya variabel. Strategi yang tepat untuk UMKM Erri Art adalah strategi WO (Weakness-Opportunities) dimana kelemahan iinternal diperbaiki untuk memaksimalkan peluang yang ada. Kata kunci: Business Model Canvas, Pengembangan, Strategi, UMKM Erri Art. abstract This study aims to develope a business strategy precisely to UMKM Home Industry Pottery Erri Art based on Business Model Canvas. This research used descriptive type, with qualitative approach. Informant selection technique using snowball sampling. Informants from this research are owners, employees, and consumers of UMKM Erri Art. Data collection techniques used are semi-structured interviews and documentation. The results of this Business Model canvas identification study can provide the choice of developing the right business strategy in each element for UMKM Erri Art. The element of customer segment focuses on all walks of life from different social strata. The value proposition element is focused on reducing risk, service, and maximizing the role of a superior product. Channel elements require increased promotion via online media. Elements of customer relationships of the company required the skill of employees in serving consumers. Elements of revenue streams companies have the advantage of the service sector as a place of tourism education. The key element of the company's resources consists of physical resources, intellectual resources, human resources, and financial resources. Elements of key activies lie in the production process and activities of educational tourism services. Key partnerships of the company are directed to maximize their performances as DEKRANASDA partnership for the company progress. While the last element of the cost structure of UMKM Erri Art consists of fixed costs, and variable costs. The right strategy for SMEs Erri Art is a WO (Weakness-Opportunities) strategy where internal weakness must be improved to maximize opportunities.. Keywords: Business Model Canvas, Development, Strategy, UMKM Erri Art.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 42426153 . Digilib
Date Deposited: 01 Mar 2018 06:31
Terakhir diubah: 01 Mar 2018 06:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30698

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir