MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SISWA KELAS VI SDN 2 BANJAR NEGERI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

VIVI NOVI YANTI , 1313093140 (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SISWA KELAS VI SDN 2 BANJAR NEGERI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1268Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2643Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2644Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam Penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 2 Banjar Negeri yang diperoleh melalui penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penggunaan model cooperative learning tipe numbered head together (NHT). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari menyusun rancangan tindakan (planning), melaksanakan rencana tindakan persiklus (acting),pengamatan dan pencatatan (observing), dan terakhir refleksi atau evaluasi tindakan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 1 mencapai nilai 71,07 dengan kategori cukup aktif dan meningkat pada siklus 1 pertemuan 2 dengan nilai 73,92 kategori cukup aktif. Aktifitas siswa meningkat pada siklus 2 pertemuan 1 dengan nilai 89,28 kategori sangat aktif sedangkan pada siklus 2 pertemuan 2 nilai meningkat menjadi 90,17 kategori sangat aktif. Kata Kunci: Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 03318060 . Digilib
Date Deposited: 12 Mar 2018 05:00
Terakhir diubah: 12 Mar 2018 05:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30739

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir