PENGARUH BERMAIN TEKA-TEKI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MARDISIWI MATARAM BARU LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017

SEVY RISTALIA NABELA , 1313054055 (2018) PENGARUH BERMAIN TEKA-TEKI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MARDISIWI MATARAM BARU LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1507Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1508Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah masih banyak anak kelompok B di TK Mardisiwi Mataram Baru Lampung Timur yang belum mampu mengenal keaksaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain teka-teki terhadap kemampuan mengenal keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental dengan tipe One Grup Pretest-Posttest. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 30 anak sehingga semuanya dijadikan sebagai sample. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data mengenai pengaruh bermain teka-teki terhadap kemampuan mengenal keaksaraan menggunakan Regresi Linier Sederhana, dan uji t-pierd simple t-test digunakan untuk melihat perbedaan kemampuan mengenal keaksaraan anak antara sebelum dan sesudah bermain teka-teki. Hasil penelian menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain teka-teki terhadap kemampuan mengenal keaksaraan anak usia 5-6 tahun, terbukti bahwa ada perbedaan kemampuan mengenal keaksaraan anak antara sebelum aktivitas bermain teka-teki dan setelah diberi aktivitas bermain teka-teki. Hal ini berarti bahwa bermain teka-teki dapat membantu menstimulasi kemampuan mengenal keaksaraan anak. Kata kunci: Anak Usia Dini, Keaksaraan, Teka-teki ABSTRACT The Problem of this reasearch was the low literacy ability of early children in group B in TK Mardisiwi Mataram Baru Lampung Timur. This study aimed to examine the influence of the activity by playing puzzle on ability to literacy skill of early children in a range 5-6 years old. The research design was conducted by Pre-Experimental with One grup pretest-posttest type. The reasearch subject were 30 early children in arange 5-6 years old, which was carried out through total sampling technique. Data was collected by using observation and documentation. The data analysis tecnique used t-test examination and simple linier regresi to search influence of activity by playing puzzle on ability to literacy skill and the difference between befor and after applying skills of early children and the was a significant difference between before and after applying puzzle. Keywords: Early Childhood, Literacy, Puzzle

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: 88550513 . Digilib
Date Deposited: 14 Mar 2018 07:21
Last Modified: 14 Mar 2018 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30754

Actions (login required)

View Item View Item