Febriel Mayangsari, 1413041031 (2018) PERKEMBANGAN WATAK TOKOH UTAMA PADA NOVEL MEMANG JODOH KARYA MARAH ROESLI DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (865Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (626Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan watak tokoh utama yang di dalamnya membahas tahapan perkembangan watak tokoh utama, metode pelukisan tokoh, serta membuat rancangan pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Memang Jodoh karya Marah Roesli yang diterbitkan pada tahun 2013. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa, kutipan percakapan dan monolog yang berkaitan dengan tahapanan perkembangan watak tokoh utama, metode pelukisan tokoh pada novel Memang Jodoh dan rancangan pembelajarannya di SMA. Hasil penelitian menunjukan perkembangan watak tokoh pada novel Memang Jodoh karya Marah Roesli. Watak tokoh utama pada novel Memang Jodoh karya Marah Roesli mengalami perubahan, yakni dari watak penyedih berubah menjadi riang gembira. Metode pelukisan watak tokoh utama menggunakan metode langsung dan tidak langsung. Di dalam metode langsung dimanfaatkan pelukisan watak melalui nama tokoh, penampilan tokoh, dan tuturan pengarang. Kemudian, dalam metode tidak langsung memanfaatkan pelukisan watak melalui dialog tokoh, lokasi dan situasi percakapan, jatidiri tokoh, mental tokoh, dan tindakan tokoh. Secara keseluruhan pemanfaatan metode tersebut memberikan gambaran lengkap mengenai watak Hamli. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dibuat perancangan pembelajaran yang menyasar pada tujuan pembelajaran agar peserta didik mampu memahami tokoh sebagai salah satu unsur pembangun cerita. Novel Memang Jodoh karya Marah Roesli dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pembelajaran untuk siswa SMA kelas XII semester ganjil dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan cerita novel. Kata kunci: perkembangan, tokoh, watak, rancangan, novel.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 26252646 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Mar 2018 06:46 |
Terakhir diubah: | 22 Mar 2018 06:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30785 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |