PENGARUH APLIKASI PUPUK HAYATI DAN PUPUK PELENGKAP CAIR PADA PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.)

Felix Tri Wahyudi, 1114121086 (2017) PENGARUH APLIKASI PUPUK HAYATI DAN PUPUK PELENGKAP CAIR PADA PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS lAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (486Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (442Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Mentimun adalah salah satu jenis sayuran buah yang tergolong dalam famili Cucurbitaceae. Mentimun memiliki banyak manfaat yaitu sebagai bahan makanan, bahan untuk obat-obatan, dan bahan kecantikan. Menurut data BPS (2017), telah terjadi penurunan hasil produksi mentimun di Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk hayati dan pupuk pelengkap cair dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman mentimun. Penelitian dilakukan di lahan Desa Cranggang Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah. Penelitian dilaksanakan pada Januari 2017 hingga Maret 2017. Penelitian ini disusun dalam rancangan acak kelompok (RAK) faktor tunggal. Terdapat 4 perlakuan pada penelitian ini, yaitu Kontrol (P0), Bio Max Grow (BMG) (P1), Plant Catalyst (P2), dan BMG dengan Plant Catalyst (P3). Setiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Jumlah tanaman sampel sebanyak 40 tanaman, tiap perlakuan yang sama di tiap ulangan diambil dua sampel tanaman untuk diamati. Homogenitas ragam diuji dengan uji Bartlet dan aditivitas data diuji dengan uji Tukey, kemudian data dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk hayati BMG dapat meningkatkan produksi buah mentimun sebesar 21%, dan pemberian pupuk pelengkap cair Plant catalyst dapat meningkatkan produksi buah mentimun sebesar 31%. Kata kunci : mentimun, pupuk hayati, pupuk pelengkap cair.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 21137764 . Digilib
Date Deposited: 04 Apr 2018 08:36
Terakhir diubah: 04 Apr 2018 08:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30868

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir