POLA PIKIR TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA

Okta Muhlis Putra, 1523041009 (2018) POLA PIKIR TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1683Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1350Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pikir dan nilai pen-didikan karakter yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi. Temuan data peneliti-an disusun sebagai bahan ajar mengenai pemahaman pola pikir dan nilai pendidik-an karakter bagi peserta didik SMA. Dilakukannya pe¬nelitian ini terkait dengan tujuan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, yakni memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, budi pekerti, serta me¬ningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan studi pustaka. Langkah penelitian dimulai dengan membaca, me¬¬¬nandai, mencatat yang berkaitan dengan data baik kata maupun kalimat dan menginterpretasinya. Data penelitian adalah pola pikir dan nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis pola pikir, yakni pola pikir: 1) tetap dan 2) berkembang. Data pola pikir tetap berjumlah 18 dan pola pikir berkembang berjumlah 15. Berkaitan dengan nilai pendidikan karakter, ditemukan enam belas jenis nilai pendidikan karakter, yaitu nilai: 1) religi¬us ber-jumlah 12 data, 2) kejujuran berjumlah 4 data, 3) toleransi berjumlah 2 data, 4) disiplin berjumlah 4 data, 5) kerja keras berjumlah 3 data, 6) kreatif berjumlah 12 data, 7) mandiri berjumlah 3 data, 8) demokratis berjumlah 2 data, 9) rasa ingin tahu berjumlah 6 data, 10) cinta tanah air berjumlah 3 data, 11) menghargai prestasi berjumlah 4 data, 12) bersahabat/ komunikatif berjumlah 6 data, 13) cinta damai berjumlah 7 data, 14) gemar membaca berjumlah 5 data, 15) peduli sosial berjumlah 5 data, dan 16) tanggung jawab berjumlah 3 data. Penggunaan novel sebagai bahan ajar dengan data pola pikir dan nilai pendidikan karakter di dalam-nya, menjadi unsur penyusun Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) untuk peserta didik SMA kelas XII. Kata Kunci: pola pikir, nilai pendidikan karakter, dan bahan ajar ABSTRACT This study aims to describe the mindset and character building contained in the novel Laskar Pelangi by Andrea Hirata. The research findings are arranged as teaching materials on understanding of mindset and character building for high school students. This research is related to the purpose of Indonesian Language and Literature teaching to use literature to broaden the insight, character, and improve the knowledge and language skills. Through the appreciation of literary works, learners can sharpen the reasoning, feelings, imagination, sensitivity to society, and the culture value. The method used in this research is descriptive qualitative Method. The data collection technique of this research is done by using literature study or documentation. The research step begins with reading, marking, recording, and interpreting words and sentences relating to mindset and character building in Andrea Hirata's Laskar Pelangi novel. The analysis results can be implemented as an element of the literary materials preparation. The results showed that there are two types of mindset, namely: 1) fixed mindset and 2) growth mindset. There are 18 data of fixed mindset and 15 data of developing mindset. Relating to the data, there are sixteen types of character building found in this research, namely: 1) Religious, with 12 data, 2) honesty, with 4 data, 3) tolerance, with 2 data, 4) discipline, with 4 data, 5) hard work, with 3 data, 6) creative, with 12 data, 7) independent, with 3 data, 8) democratic, with 2 data, 9) curiosity, with 6 data, 10) homeland love, with 3 data, 11) achievement appreciation, with 4 data, 12) friendly/ communicative, with 6 data, 13) peace loving, with 7 data, 14) reading, with 5 data, 15) social care, with5 data, and 16) responsibility, with 3 data. The use of novel as teaching materials with the data of mindset and the character building in it becomes the compilation element of Student Activity Worksheet (LKPD) for XII class of senior high school students. Keywords: mindset, character building, and teaching materials

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 73236309 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:28
Terakhir diubah: 05 Apr 2018 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30869

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir