PENGARUH MODEl PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA N 1 TANJUNG BINTANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Wahyu Triana Wati, 1343033008 (2018) PENGARUH MODEl PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA N 1 TANJUNG BINTANG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2449Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2450Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peningkatan kualitas mutu pendidikan bagi sebuah negara dirasa sangat membantu dalam mengambangkan kualitas sumberdaya manusia yang ada di dalamnya., diperlukan kemajuan pendidikan seperti pengembangan model pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah berlangsung selama ini. Salah satu model pembelajaran yang berhasil dikembangkan untuk memberi pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa seperti Model Learning Cycle 5E. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS SMAN 1 Tanjung Bintang Tahun Ajaran 2016/2017 ?” Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X IPS di SMAN 1 Tanjung Bintang Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Bintang Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dipilih secara Random menggunakan teknik Purposive. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Theta. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Theta dapat ditarik kesimpulan bahwa “Ada pengaruh positif yang cukup atau sedang yaitu sebesar 0,46712 dari Model Learning Cycle 5E terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Bintang Tahun Ajaran 2016/2017”. Kata Kunci: Pengaruh, Model Learning Cycle 5E, Motivasi Belajar ABSTRACT Improving the quality of education for a country is very helpful in floating the quality of human resources in it, required the progress of education such as the development of learning models that are expected to improve the education system that has been going on for this. One successful learning model was developed to positively influence students' learning motivation such as the Learning Cycle Model 5E. The formulation of the problem in this research is "Is there Influence Learning Model Learning Cycle 5E Against Student Learning Motivation In History Subject Class X IPS SMAN 1 Tanjung Bintang Year Ajisi 2016/2017’’? The purpose of this study is To know the Influence of Learning Cycle Model 5E Learning Against Student Motivation On Subject History History class X IPS in SMAN 1 Tanjung Bintang Year Teaching 2016/2017’’. The research used Posttest-Only Control Design research design. Population in this research is student of Class X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Bintang Lampung Selatan Academic Year 2016/2017. Randomly selected samples using Purposive technique. Data analysis technique in this research is quantitative data analysis with data analysis test with Theta formula. Based on quantitative data analysis using Theta formula can be concluded that “There is a moderate or moderate positive effect that is equal to 0.46712 from Model Learning Cycle 5E to Student Learning Motivation In History Subject Class X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Bintang Tahun Teaching 2016/2017”. Keywords: Influence, Learning Cycle 5E Model, Learning Motivation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 65376018 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2018 09:03
Terakhir diubah: 05 Apr 2018 09:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30872

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir