PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD

RINI RAHMA DIANTI, 1623053013 (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD. Masters thesis, PROGRAM MAGISTER KEGURUAN GURU SEKOLAH DASAR.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1292Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1039Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan terwujudnya pengembangan LKPD berbasis model CTL, mengetahui pengaruh berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pengembangan LKPD berbasis model CTL. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembagan (Research and Development) dengan menggunakan langkah - langkah penelitian menurut Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Labuhan Ratu dan sampel penelitiannya adalah SD negeri 2 Labuhan Ratu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 5 cara yaitu dokumentasi, observasi, lembar validasi ahli, angket analisis kebutuhan, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang telah dianalisis menggunakan uji-t dan regresi. Kata Kunci: pengembangan LKPD, model CTL, berpikir kritis. ABSTRACT This development research aims to realize the development of LKPD based on CTL model, to know the influence of critical thinking and learning result of learners by using LKPD development based on CTL model. The research method used is research development (Development and Development) by using research steps according to Borg and Gall. The population in this research is elementary school in Labuhan Ratu sub district and research sample is SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Data collection techniques in this study were conducted with 5 ways of documentation, observation, expert validation sheet, questionnaire needs analysis, and tests. The results showed that LKPD developed to improve the ability of critical thinking and learning outcomes of learners who have been analyzed using t-test and regression. Keywords : worksheet development, CTL model, critical thinking

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: 15488111 . Digilib
Date Deposited: 09 Apr 2018 02:09
Last Modified: 09 Apr 2018 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30890

Actions (login required)

View Item View Item