PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Baitul Jannah Bandar Lampung)

CATUR ATKA HANDAYANI MUTIARA , 1423012028 (2018) PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Baitul Jannah Bandar Lampung). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1490Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1491Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Baitul Jannah. Fokus penelitian ini adalah peranan kepala sekolah sebagai pendidik (educator), manajer, administrator, supervisor, pemimpin (leader), pencipta iklim kerja, dan wirausahawan (entrepreneur). Penelitian kualitatif fenomenologi dengan rancangan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data adalah yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Analisis data yang digunakan dengan triangulasi, yaitu membandingkan hasil observasi dengan dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian adalah: 1) kepala sekolah sebagai pendidik yaitu membina dan membimbing guru, 2) kepala sekolah sebagai manajer yaitu mengelola, melaksanakan dan melakukan kontrol serta evaluasi, 3) kepala sekolah sebagai administrator yaitu mengatur administrasi serta mendokumentasikan kegiatan administrasi sekolah , 4) kepala sekolah sebagai supervisor yaitu membuat program supervisi, melakukan pengawasan kegiatan supervisi dan memanfaatkan hasil supervisi, 5) kepala sekolah sebagai pemimpin yaitu menjalin komunikasi serta memberikan motivasi kepada guru dan karyawan, 6) peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim kerja yaitu membuat mekanisme kerja para guru, 7) peran kepala sekolah sebagai entrepreneur memberikan wawasan entrepreneurship kepada para guru dan membangun kerjasama dengan mitra kerja. Kata kunci: Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan dan Peranan Kepala Sekolah ABSTRACT The purpose of this study was to describe the implementation of the role of principals in improving the quality of education in SDIT BaitulJannah. The focus of this research is the role of the principal as an educator, manager, administrator, supervisor, leader, creator of the work climate, and entrepreneur. Qualitative research phenomenology with case study design, data collection techniques through observation, documentation and interview. The data source is the foundation, principals, vice-principals and teachers. Analysis of the data used by triangulation, comparing the results of observations with the documentation and interviews. The results of the research are: 1) the principal as an educator is a teacher, 2) the principal as a manager is to manage, implement and control as well as evaluation, 3) the principal as an administrator is to cooperate with the deputy headmaster of school administration, 4) head school as a supervisor is to create, supervise, utilizing the results of supervision, 5) of the principal as a leader is to socialize and implement the vision, mission and school characteristics, 6) the principal's role as the creator of the work climate that is seeking a conducive working environment, 7) the role of school principal as entrepreneur which make the flagship program, providing insights entrepreneurship to teachers and to develop cooperation with partners. Keywords: principal, quality education and role of the principal

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: 88373309 . Digilib
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:45
Terakhir diubah: 09 Apr 2018 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30895

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir