MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING CLIENT CENTERED PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

TRI SUTISNA , 1313052060 (2018) MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING CLIENT CENTERED PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (803Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (597Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini kecerdasan emosi siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosi dengan menggunakan konseling client centered pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat eksperimen semu dengan pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak lima siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosi. Hasil analisis data dari pretest dan posttest kecerdasan emosi menggunakan uji beda Wilcoxon. Hasil analisis statistik menunjukkan Zhitung = -2,023 < Ztabel = 0,018, p = 0,043 ; p < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ini artinya kecerdasan emosi siswa dapat ditingkatkan dengan konseling client centered. Kata kunci: bimbingan dan konseling, kecerdasan emosi, konseling client centered abstract The problem of this research was the lowness of student’s emotional intelligence. The purpose of this research was to know the improvement of the emotional intelligence by using client centered counseling in students of class XI Senior High School 3 Bandar Lampung in academic year 2017/2018. The method of this research was a quasi experiment with the pretest-posttest design. The subjects of this research were much as five students who have low emotional intelligence. The data collection technique was using emotional intelligence scale. The results of data was analyzed from pretest and posttest of emotional intelligence using Wilcoxon test. The results of statistics analyzed was showing that Zcount = -2,023 < Ztable = 0,018, p = 0,043 ; p < 0,05, so it can be concluded that Ho was rejected and Ha was accepted. That meant the student’s emotional intelligence can be improved with client centered counseling. Keywords: guidance and counseling, emotional intelligence, client centered counseling

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 60550171 . Digilib
Date Deposited: 11 Apr 2018 04:26
Terakhir diubah: 11 Apr 2018 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30916

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir