PENGARUH AKTIVITAS BERBICARA DALAM METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IX SMP NEGERI 3 CUKUH BALAK TAHUN AJARAN 2016/2017

Land Roma Nafiah S, 1213033042 (2017) PENGARUH AKTIVITAS BERBICARA DALAM METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IX SMP NEGERI 3 CUKUH BALAK TAHUN AJARAN 2016/2017. Fakultas FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (1000Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1763Kb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1293Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGARUH AKTIVITAS BERBICARA DALAM METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IX SMP NEGERI 3 CUKUH BALAK TAHUN AJARAN 2016/2017 Oleh Land Roma Nafiah S Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kemajuan dan perkembangan suatu bangsa. dalam rangka untuk menciptakan dan meningkatkan suatu bangsa yang berkualitas diperlukan strategi-strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu langkah yang bisa ditempuh yaitu belajar mengajar menggunakan teknik pembelajaran yang dapat digunakan agar tujuan pembelajaran tercapai adalah menerapkan Metode Diskusi yang menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah”Apakah ada pengaruh Aktivitas berbicara dalam metode Diskusi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 3 Cukuh Balak Tahun Ajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Aktivitas berbicara dalam metode Diskusi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri Cukuh Balak Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one-shot case studi Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMP N 3 Cukuh Balak pada tahun pelajaran 2016/2017.Sampel dipilih menggunakan teknik Random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dengan rumus Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspen’s (M). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas berbicara dalam metode Diskusi terhadap hasil belajar kognitif siswa, ini dapat dilihat dari hasil analisis Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspen’s (M) yang diperoleh peneliti yaitu r= 0,7299 > r0,05;23= 0,4227. Dari penelitian ini dapat disimpulkan ada pengaruh Aktivitas berbicara dalam metode Diskusi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 3 Cukuh Balak Tahun Ajaran 2016/2017.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 13066666 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2018 03:47
Last Modified: 12 Apr 2018 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30927

Actions (login required)

View Item View Item