SIKAP SISWA ANTAR SUKU TERHADAP PENGAMALAN SILA KE-2 PANCASILA (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan)

ELSA NURSABRINA, 1413032024 (2018) SIKAP SISWA ANTAR SUKU TERHADAP PENGAMALAN SILA KE-2 PANCASILA (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1766Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1765Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan sikap siswa antar suku terhadap pengamalan sila ke-2 Pancasila di SMP Negeri 1 Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif yang bersifat kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswadi SMP Negeri 1 Rajabasa yang berjumlah 394 dengan sampel 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan interval. Hasil penelitian menunjukan: (1) pemahaman terhadap pengamalan sila ke-2 Pancasila masih tergolong kurang paham. (2) perasaan atau tanggapan siswa antar suku terhadap pengamalan sila ke-2 Pancasila masih tergolong kurang baik. (3) kecenderungan bertindak siswa antar suku terhadap sila ke-2 Pancasila cenderung menolak. Berdasarkan indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap siswa antar suku terhadap pengamalan sila ke-2 Pancasila adalah cenderung tidak mendukung atau cenderung menolak hal ini disebabkan karena banyaknya tindakan yang dilakukan belum sesuai dengan pengamalan sila ke-2 Pancasila. Kata Kunci: Sikap siswa, Suku, Sila ke-2 Pancasila

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi PPKN
Depositing User: 84561227 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2018 06:53
Last Modified: 12 Apr 2018 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30936

Actions (login required)

View Item View Item