DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN METODE SOCRATES DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018)

M. Agung Dharma Himawan, 1413021040 (2018) DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN METODE SOCRATES DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1496Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1302Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan metode Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2017/2018. Subjek terdiri dari dua siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih secara acak berdasarkan nilai matematika. Data penelitian ini berupa data kualitatif tentang deskripsi percakapan berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa percakapan kritis matematis siswa yang muncul: (a) difasilitasi oleh pertanyaan-pertanyaan Socrates yang diajukan oleh guru dan tipe pertanyaan Socrates yang dominan adalah klarifikasi dan asumsi-asumsi penyelidikan, (b) berkaitan dengan indikator kemampuan berpikir kritis yang didominasi oleh interpretasi dan analisis, (c) difasilitasi oleh tahapan saintifik yaitu mengomunikasikan, dan (d) kemunculan percakapan kritis matematis pada siswa berkemampuan matematis rendah berlangsung lebih lambat dibandingkan dengan siswa berkemampuan matematis tinggi dan sedang. Kata kunci: metode Socrates, pendekatan saintifik, percakapan kritis matematis

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 201846591 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2018 03:54
Last Modified: 12 Apr 2018 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30937

Actions (login required)

View Item View Item