PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Nayank Ragilia, 1623053014 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2097Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1273Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik masih banyak yang di bawah KKM dan belum tersedia LKPD yang memenuhi kebutuhan yang diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk LKPD model PBL yang layak dan mengetahui efektivitas LKPD model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk pada teori Borg&Gall. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD di kecamatan Kedamaian. Sampel yang digunakan yaitu 70 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD model PBL layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: LKPD, PBL, kemampuan berpikir kritis abstract The problem of this research were the students achievement had under score of standard criteria and student worksheet is not available that meets the needs. The aim of this research was to produce and test the effectiveness of development student worksheet PBL to increase critical thinking skills of students in fourth grade of elementary school. The method used is research and development (R&D) which refers to Borg&Gall’s theory. The population in this research is all of students in fourth grade at Kedamaian subdistrict. The sample used is 70 students with random sampling technique. The collection of data through questionaire and written test. The data were analyzed by using N-Gain formula. The results show that student worksheet PBL is feasible to use and student worksheet PBL is effective to increase critical thinking skills of students. Keywords: student worksheet, PBL, critical thinking skills

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: 201812022 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2018 04:51
Last Modified: 18 Apr 2018 04:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31036

Actions (login required)

View Item View Item