STUDI KOMPARATIF LIFE SKILLS (KECAKAPAN HIDUP) SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEMPERHATIKAN TEKNIK PENUGASAN PROYEK DAN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PUGUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

USWATUN HASANAH , 1413031064 (2018) STUDI KOMPARATIF LIFE SKILLS (KECAKAPAN HIDUP) SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEMPERHATIKAN TEKNIK PENUGASAN PROYEK DAN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PUGUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (233Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1734Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1735Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya life skill siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 1 Pugung. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan life skill siswa menggunakan model pembelajaran PBI dan TSTS dengan memperhatikan teknik penugasan. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan design factorial. Populasi penelitian ini 7 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas (60 siswa). Teknik sampling penelitian ini menggunakan cluter random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalur dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS dengan model pembelajaran PBI pada mata pelajaran IPS (2) Ada perbedaan life skill antara siswa yang diberikan teknik penugasan proyek dengan siswa yang diberikan teknik penugasan portofolio pada mata pelajaran IPS (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan teknik penugasan terhadap life skill pada mata pelajaran IPS (4) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran PBI pada siswa yang diberikan penugasan proyek pada mata pelajaran IPS (5) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBI lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran TSTS pada siswa yang diberikan penugasan portofolio pada mata pelajaran IPS (6) Life skill siswa yang diberikan penugasan proyek lebih baik daripada penugasan portofolio pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS pada mata pelajaran IPS (7) Life skill siswa yang diberikan penugasan portofolio lebih baik daripada penugasan proyek pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBI pada mata pelajaran IPS Kata kunci: life skill (kecakapan hidup), problem based instruction, teknik penugasan.two stay two stray. ABSTRACT This research is based on the lower result of life skills on the IPS lesson at the seventh grade SMP Negeri 1 Pugung . this research was intended to compare the life skill of the students by using PBI learning model and TSTS by seeing the mastering technique. The method was quasi experiment by approaching comparatively. The research design was factorial design. The population of the research was seven classes with the 2 classes as the samples (60 students). The research sampling technique was observation. The hypotesis testing used two ways variance analysis and t-test of independent two samples. The data analysis showed (1) The difference life skill between students who taught TSTS learning model with PBI learning model on the IPS lesson (2) There is a life skill difference between students who taught through project task technique with students who taught through portofolioon the IPS lesson(3) There is interaction between learning model and task technique toward life skil on the IPS lesson (4) Students’ life skill who taught through TSTS learning model is better than by using PBI learning model which given project task on IPS lesson (5) Students’ life skill who taught through PBI learning model is better than through TSTS learning model for the students who give portofolio task on the IPS lesson (6) Student’s lifeskill who given project task is better than portofolio task oat the students who used TSTS learning model on the IPS lesson (7) Students’ life skill which given portofolio task is better than project task who used PBI learning model on the IPS lesson. Keywords: life skill, problem based instruction, task technique, two stay two stray

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 201888791 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2018 02:09
Terakhir diubah: 19 Apr 2018 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31055

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir