ANALISIS STRATEGI BISNIS CV. GEMA PERKASA ABADI DI BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD IQBAL ALZAOHAR, 1341011046 (2018) ANALISIS STRATEGI BISNIS CV. GEMA PERKASA ABADI DI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2508Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2509Kb) | Preview

Abstrak

Arus globalisasi membawa perubahan besar dalam dunia perindustrian di Indonesia, hal ini seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta perkembangan daya saing industri yang telah mengalami perubahan zaman. Ketatnya persaingan bisnis memicu perusahaan untuk meningkatkan promosi guna mengenalkan produknya ke konsumen. Salah satu cara promosi yang dilakukan adalah melalui media cetak. CV. Gema Perkasa Abadi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha percetakan. CV. Gema Perkasa Abadi adalah perusahaan percetakan yang berada di Kota Bandar Lampung. Masalah yang dihadapi CV. Gema Perkasa Abadi adalah tingginya persaingan perusahaan yang menawarkan jasa serupa dan pendapatan yang cenderung mengalami fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi lingkungan internal dan eksternal CV. Gema Perkasa Abadi serta mendeskripsikan strategi yang harus dilakukan oleh CV. Gema Perkasa Abadi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan tahapan formulasi strategi yaitu, matriks IFE dan EFE, matriks IE, dan matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 10 kekuatan dan 5 kelemahan dari faktor internal, dan terdapat 9 kekuatan dan 6 ancaman dari faktor eksternal. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan skor 3,26 dan 2,93. Hasil dari matrik IE yaitu CV. Gema Perkasa Abadi terdapat pada posisi kuadran IV Growth and Build (tumbuh dan berkembang) dengan strategi utama yaitu intensif (pengembangan pasar) dan integratif (integrasi kedepan), hal ini sesuai dengan hasil QSPM dari strategi yang harus di lakukan no. 1 & 2 Analisis SWOT menghasilkan 8 strategi dengan prioritas yang diurutkan dengan QSPM: 1)Pengembangan pasar ke wilayah yang baru untuk meningkatkan volume penjualan; 2)Menjaga hubungan dengan pemasok/Supplier; 3)Meningkatkan kinerja dari Karyawan; 4)Meningkatkan eksistensi CV. Gema Perkasa Abadi melalui promosi; 5)Meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen; 6)Pengendalian yang mengacu pada kontrol biaya; 7)Melakukan evaluasi kinerja dan kemampuan CV. Gema Perkasa Abadi dalam menghadapi persaingan; 8)Membentuk tim khusus yang profesional untuk menangani manajemen pengelolaan CV. Gema Perkasa Abadi. Kata Kunci : Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, EFE, Matriks IE, Matriks SWOT.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: 201891518 . Digilib
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:29
Last Modified: 23 Apr 2018 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31096

Actions (login required)

View Item View Item