ANALISIS KEBUTUHAN PENANGANAN JARINGAN JALAN DI WILAYAH KABUPATEN PRINGSEWU BERBASIS TINGKAT PELAYANAN

Andytia Pratiwi, 1225011008 (2014) ANALISIS KEBUTUHAN PENANGANAN JARINGAN JALAN DI WILAYAH KABUPATEN PRINGSEWU BERBASIS TINGKAT PELAYANAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Dalam.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Gambar.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (716Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (871Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (511Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persembahan.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Sanwacana.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (511Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (299Kb) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3309Kb)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (2774Kb) | Preview

Abstrak

Sebagai daerah otonomi baru, Pringsewu berpotensi berkembang dengan cepat. Hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya pergerakan orang dan barang. Pada titik-titik tertentu akan terjadi penurunan tingkat pelayanan jalan (level of service) yang secara teknis ditandai dengan meningkatnya nilai VC Rasio. Dari sisi non teknis tingkat pelayanan jalan juga dapat ditinjau dari sudut pandang publik selaku pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola pergerakan di Kabupaten Pringsewu dan menganalisis kebutuhan penanganan jaringan jalan di wilayah Kabupaten Pringsewu pada tahun 2014, 2019, 2024 dan 2039 berdasarkan nilai VC Rasio melalui pemodelan transportasi 4 tahap menggunakan bantuan software tranplan. Untuk mendukung analisis tersebut, dilakukan pula penelitian mengenai tingkat pelayanan jalan di Kabupaten Pringsewu berdasarkan persepsi masyarakat sebagai pengguna jalan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui survei LHR dan survei persepsi pengguna jalan dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Data sekunder untuk kebutuhan pemodelan diperoleh melalui instansi terkait. Dari hasil analisis diperoleh pola pergerakan pada tahun 2014, 2019, 2024 dan 2039 yang hampir serupa, hanya dari segi kuantitas terjadi peningkatan dari tahun ketahun. Pusat pergerakan terjadi di Kecamatan Pringsewu, Kecamatan Sukoharjo dan Kecamatan Gadingrejo. Nilai VC rasio ruas-ruas jalan di Kabupaten Pringsewu pada tahun 2014 masih didominasi oleh nilai VC rasio < 0,6. Pada tahun 2024 alternatif penanganan jalan melalui pembangunan Jalan Lingkar Utara Kabupaten Pringsewu dianggap perlu dilakukan mengingat adanya peningkatan arus yang cukup signifikan dan nilai VC Rasio beberapa ruas jalan sudah ≥ 0,9 (over capacity). Penanganan jalan di tahun 2039 yaitu dengan peningkatan kapasitas melalui pelebaran jalan. Berdasarkan persepsi pengguna jalan, tingkat pelayanan jalan di Kabupaten Pringsewu adalah cukup baik. Tingkat pelayanan jalan di Kabupaten Pringsewu sangat dipengaruhi oleh aksesibilitas, mobilitas, keselamatan dan kondisi jalan. Kata Kunci: Tingkat Pelayanan Jalan, Pemodelan Transportasi, Penanganan Jalan. As a new autonomous region, Pringsewu potentially develop rapidly. It will have an impact on the increasing movement of people and goods. At certain points will decrease the level of service that is technically characterized by an increased value of VC Ratio. In terms of non-technical, level of service can also be viewed from the standpoint of the public as users of the road. This study aims to identify patterns of movement in Pringsewu District and analyzing the handling needs of the road network in the Pringsewu District in 2014, 2019, 2024 and 2039 based on VC ratio through 4 stages of transportation modeling using tranplan software. To support this analysis, also conducted research about level of service in Pringsewu District based on public perception as road users. The primary data in this study was obtained through a survey of LHR and road user perception survey conducted through questionnaires. Secondary data for modeling requirements obtained through relevant institutions. The result of analysis is a pattern of movement in 2014, 2019, 2024 and 2039 is almost the same, only the quantity increases from year to year. Subdistrict of Pringsewu, Sukoharjo and Gadingrejo be the movement center. The VC ratio of road sections in Pringsewu District in 2014 was dominated by VC ratio < 0.6. For 2024 year, road handling by building the North Ring Road considered to necessary because traffic flow increased significant and VC Ratio of some streets ≥ 0.9. Road handling in 2039 by increased capacity through widening of the road. Based on the user's perception, level of road service in Pringsewu District is good enough. Level of road sservice in the Pringsewu District highly influenced by accessibility, mobility, safety and road conditions. Keywords: Level of Service, Transportation Modeling, Road Handling

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik Sipil
Depositing User: 567498 . Digilib
Date Deposited: 25 Aug 2014 06:29
Last Modified: 25 Aug 2014 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item View Item