ANALISIS KESESUAIAN MATERI JAMUR PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013

AMILIL HUDI, 1313024010 (2018) ANALISIS KESESUAIAN MATERI JAMUR PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1824Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1865Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi Jamur pada buku teks Biologi SMA kelas X dari aspek keluasan dan kedalaman dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi dokumentasi. Obyek penelitian ini adalah 2 buku teks yang paling banyak digunakan dan paling sedikit digunakan dalam pembelajaran Biologi di SMA yaitu buku A yang diterbitkan oleh Erlangga dan buku B yang diterbitkan oleh Yrama Widya. Lembar instrumen kesesuaian materi pada buku teks dari aspek keluasan dan kedalaman dibuat mengacu pada KD dan buku acuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, melalui analisis isi (konten) pada buku teks. Data penelitian ini berupa kesesuaian materi jamur pada buku teks ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian materi jamur dengan KD kurikulum 2013 pada buku A dari aspek keluasan materi diperoleh persentase 100% dengan kategori “sangat sesuai”, sedangkan dari aspek kedalaman materi diperoleh hasil 94,44% dengan kategori “sangat sesuai”. Sementara pada buku B dilihat dari aspek keluasan materi diperoleh persentase 77,78% dengan kategori “sesuai”, sedangkan dari aspek kedalaman materi diperoleh hasil 79,63% dengan kategori “sesuai”. Selanjutnya dari kedua hasil analisis tersebut diperoleh rata-rata persentase 97,22% pada buku A dengan kategori “sangat sesuai”, sedangkan 78,71% pada buku B dengan kategori “sesuai”, dari hasil ini artinya kesesuaian materi jamur dengan KD kurikulum 2013 pada buku teks A lebih tinggi dibandingkan dengan buku teks B. dengan demikian maka buku teks Biologi SMA kelas X yang diterbitkan oleh Erlangga dan Yrama Widya dapat dijadikan buku pegangan wajib bagi siswa. Kata kunci : buku teks, keluasan materi, kedalaman materi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 201855255 . Digilib
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:27
Terakhir diubah: 23 Apr 2018 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31104

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir