Ardion Pandu Winata, 1413041007 (2018) PENGGUNAAN BAHASA PADA TEKS CERAMAH SISWA KELAS XI SMAN 1 BANJAR MARGO TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1920Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1921Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa pada teks ceramah siswa kelas XI SMAN 1 Banjar Margo tahun ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan bahasa pada teks ceramah siswa kelas XI SMAN 1 Banjar Margo tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data berupa ejaan dan kalimat yang digunakan siswa. Sumber data berupa teks ceramah siswa kelas XI SMAN 1 Banjar Margo tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi tugas siswa, dan teknik analisis data berupa analisis karangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan bahasa pada teks ceramah siswa kelas XI SMAN 1 Banjar Margo tahun ajaran 2017/2018 cenderung atau dominan tepat. Pada penelitian ditemukan ketepatan dan keefektifan kalimat serta ketidaktepatan penggunaan ejaan ketidakefektifan kalimat. Pada penggunaan ejaan, ketepatan banyak ditemukan pada penulisan kata dasar dan turunan, sedangkan ketidaktepatan Ardion Pandu Winata banyak ditemukan dalam penulisan huruf kapital. Ketidaktepatan tersebut terdapat dalam hal tidak digunakannya huruf kapital pada awal kalimat serta nama atau ungkapan yang mengacu pada Tuhan. Pada penggunaan kalimat, ketidakefektifan banyak ditemukan dalam aspek kesepadanan. Ketidakefektifan tersebut disebabkan kalimat yang tidak jelas kedudukan subjeknya dan kata penghubung intrakalimat yang diletakkan di awal kalimat. Selain ketidakefektifan, keefektifan juga ditemukan dalam penelitian ini. Keefektifan kalimat meliputi aspek kesepadanan, keparalelan, kecermatan, kehematan, ketegasan, kepaduan, dan kelogisan. Kata kunci : ejaan, kalimat, penggunaan bahasa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 201824865 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 08:58 |
Terakhir diubah: | 23 Apr 2018 08:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31110 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |