PEMAHAMAN STRUKTUR CERITA PENDEK KENANG-KENANGAN SEORANG WANITA PEMALU KARYA W.S. RENDRA OLEH SISWA KELAS XI DI SMA N 1 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 20172018

MIFTAHUL JANNAH, 1413041052 (2018) PEMAHAMAN STRUKTUR CERITA PENDEK KENANG-KENANGAN SEORANG WANITA PEMALU KARYA W.S. RENDRA OLEH SISWA KELAS XI DI SMA N 1 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 20172018. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (529Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1165Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1166Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah, bagaimana tingkat pemahaman siswa terhadap struktur cerita pendek Kenang-Kenangan Seorang Wanita Pemalu karya W.S. Rendra. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa terhadap struktur cerita pendek Kenang-Kenangan Seorang Wanita Pemalu karya W.S. Rendra oleh siswa kelas XI SMA N 1 Pringsewu tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yakni penelitian kuantitatif sesuai dengan namanya, banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan hasilnya. Sumber data dalam penelitian ini berupa teks cerita pendek Kenang-Kenangan Seorang Wanita Pemalu karya W.S. Rendra yang terangkum dalam kumpulan cerita pendek Kenang-Kenangan Seorang Wanita Pemalu karya W.S. Rendra. Selanjutnya, peneliti memberikan tes berupa soal yang terdiri dari 40 soal. Soal yang digunakan untuk tes, yaitu kategori tema dan masalah, sebanyak 6 soal, kategori fakta cerita sebanyak 17 soal, dan kategori sarana cerita sebanyak tujuh belas soal. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik. Tingkat pemahaman siswa terhadap struktur cerita pendek Kenang-Kenangan Seorang Wanita Pemalu karya W.S. Rendra, yakni memiliki nilai rata-rata 72,40 dan secara umum dikategorikan sedang. Selain itu, pemahamannya dapat dinyatakan siswa mengetahui dan menghubungkan kejadian-kejadian dalam cerita. Secara khusus dapat dirinci (1) terdapat 10 siswa yang memiliki nilai rata-rata 78 dan termasuk kategori sangat baik. (2) terdapat 13 siswa yang memiliki nilai rata-rata 69, 23 dan termasuk kategori sedang. (3) terdapat 1 siswa yang memiliki nilai 57,5 dan termasuk kategori kurang. Kata kunci: Cerita Pendek, Struktur Cerita pendek, W.S. Rendra.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 201847022 . Digilib
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:59
Last Modified: 23 Apr 2018 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31115

Actions (login required)

View Item View Item