PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LPM RAMAN ENDRA

YESI RATNA SARI, 1413054053 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LPM RAMAN ENDRA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (889Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (597Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan perkembangan kognitif anak melalui media puzzle dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK LPM Raman Endra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Metode dalam penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan Treatment By Subjects Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan perkembangan kognitif anak dalam pembelajaran dan pemecahan masalah anak sebelum dan sesudah aktivitas media puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Terbukti bahwa ada perbedaan perkembangan kognitif sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle. Hasil ini berarti bahwa penggunaan media puzzle dapat membantu untuk menstimulus perkembangan kognitif anak, terutama pada perkembangan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: perkembangan kognitif, media pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 201877025 . Digilib
Date Deposited: 24 Apr 2018 08:58
Terakhir diubah: 24 Apr 2018 08:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31173

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir