EFEKTIVITAS STRATEGI REACT BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/ 2018)

Riska Restiani, 1413021063 (2018) EFEKTIVITAS STRATEGI REACT BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/ 2018). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (976Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (904Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi REACT berbasis etnomatematika ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa strategi REACT tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis, namun pemahaman konsep siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada sebelum mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT. Kata Kunci: Efektivitas, Etnomatematika, Pemahaman Konsep Matematis, , Strategi REACT,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 201849834 . Digilib
Date Deposited: 24 Apr 2018 08:50
Terakhir diubah: 24 Apr 2018 08:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31174

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir