ENDANG PURWANINGSIH , 1413041027 (2018) POLA KALIMAT DALAM BERITA UTAMA KORAN TRIBUN LAMPUNG MEI — JUNI 2017 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (751Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1016Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1323Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini mengkaji penggunaan pola kalimat dalam berita utama koran Tribun Lampung Mei—Juni 2017 dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data mencakup pengumpulan surat kabar harian Tribun Lampung edisi Mei-Juni 2017, membaca berita utama, menandai kalimat yang terdapat di dalamnya, dan menggumpulkan semua kalimat yang sudah ditandai. Analisis data dilakukan dengan membaca kalimat yang sudah dikumpulkan dan diidentifikasi unsurnya, mengelompokkan jenis kalimat berdasarkan klausanya, dan mendeskripsikan struktur kalimat serta jenis kalimat yang terdapat dalam berita utama di surat kabar harian Tribun Lampung. iii Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dalam berita utama harian koran Tribun Lampung edisi Mei──Juni 2017 sangat bervariasi. Pola-pola tersebut terstruktur dalam kalimat tunggal, kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, dan kalimat majemuk rapatan. Secara keseluruhan pola-pola kalimat tersebut berupa pola S-P, S-P-O, S-P-Pel , S-P-K, S-P-O-Pel, S-P-O-K, S-PPel- K, S-P+ S-P-O, S-P+S-P, S-K-P- O, S-P-O+(S)-P-O-K, K-S-P-K, S-P-OS- P-Pel, K-S-P-O-K, K-S-K-P-Pel, K-S-P, K-S-P-Pel-K, S-P + S-P-K, S-P-S-P, S-P-S-P-K, S-P+ K-(S)-P-K, S-P-O-Pel-K, K-S-P-O-Pel, S-P+ S-P-O, K-S-PO, S-P+S-P-O-K , S-P-O + (S)-P-O , S-P+P-O, S-P+S-P-Pel, S-P-K+P-O-K, SK K K K S P-O+S-P, S-P- K , P-S+S-P, P-Pel-P-Pel-K, S-P- K , S-P+(S)-P-0, K (S)-P-K K S P-Pel K (S)-P-O+S-P-K, P-K-P, S-P+P-K, S-P-K+S-P-O. K S K K Selain itu, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai suplemen bahan ajar guru dalam membelajarkan materi teks berita pada kelas VIII, yaitu pada Kompetensi Inti 4, Kompetensi Dasar 3.2 tentang teks berita pada kurikulum 2013 pelajaran Bahasa Indonesia versi revisi 2016. Kata kunci: pola kalimat, berita utama, Tribun Lampung
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 201882167 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 06:45 |
Terakhir diubah: | 25 Apr 2018 06:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31192 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |