DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

ERVIN HIDAYAT, 1013024034 (2014) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (2654b) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis (KBK) merupakan salah satu tahapan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki oleh siswa sekolah menengah. Namun, guru yang hanya memberikan latihan mengerjakan soal-soal pada buku paket akan menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa kurang berkembang. Hal ini dikarenakan kemampuan berpikir siswa hanya menekankan pada aspek pengetahuan dan pemahaman materi saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis `siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan desain penelitian deskriptif sederhana. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.1, VII.2, VII.3, VII.4, dan VII.5 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kriteria sedang (70,46). Terlihat juga bahwa hasil dari rata-rata persentase penilaian LKS memiliki kriteria sangat tinggi (85,70%) dan kriteria rendah (58,27%) pada penilaian poster, serta kriteria tinggi (76,31%) pada nilai tes tertulis. Dengan demikian, siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringsewu memiliki kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep pencemaran lingkungan dengan kategori sedang. Kata kunci : berpikir kritis, LKS, pencemaran lingkungan, poster, tes tertulis

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Depositing User: 009330 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2014 03:06
Last Modified: 26 Aug 2014 03:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item