Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Lampung Melalui Model Discovery Learning dengan Teks Waghahan Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Genap Tahun 2016/2017

Eliyana, 1523045009 (2018) Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Lampung Melalui Model Discovery Learning dengan Teks Waghahan Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Bandar Lampung Semester Genap Tahun 2016/2017. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8Mb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil kemampuan berbicara siswa. Hal ini disebabkan guru belum melakukan perencanaan, proses, dan evaluasi yang tepat yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Lampung melalui model discovery learning dengan teks waghahan; 2) mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Lampung melalui model discovery learning dengan teks waghahan; 3) mendeskripsikan hasil pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Lampung melalui model discovery learning dengan teks waghahan; 4) meningkatkan nilai keterampilan berbicara bahasa Lampung melalui model discovery learning dengan teks waghahan. Strategi kognitif, digunakan karena berbicara memerlukan pengetahuan dan penguasaan tentang isi pembicaraan dan kaidah bahasa sebagai media penyampaiannya. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian di kelas VIII A SMP Negeri 4 Bandar Lampung dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan; 1) rencana pembelajaran melalui model discovery learning pada siklus I dalam kriteria baik, pada siklus II rencana pembelajaran dalam kriteria sangat baik, 2) pada siklus I pelaksanaan pembelajaran dalam kriteria baik sedangkan siklus II pelaksanaan pembelajaran dalam kriteria sangat baik, 3) hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa diperoleh nilai rata-rata yaitu siklus I sebesar 68,57 dengan kriteria cukup, sedangkan siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,00 dengan kriteria baik, 4) kegiatan pembelajaran secara keseluruhan, apabila dilihat dari hasil penilaian penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan, hasil siklus II lebih baik daripada siklus I. Kata Kunci: discovery learning, keterampilan berbicara, teks waghahan Penelitian ejou didasarken ulah rendahnou hasil kemampuan bebalah siswa. Hal ejou disebabken guru lakwak ngeguai perencanaan, proses, jamou evaluasi sai tepat sai dapok ningkatken kemampuan bebalahan. Penelitian ejou bertujuan 1) ngedeskripsiken perencanaan pembelajaran keterampilan bebalah bahasou Lappung melalui model discovery learning jamou teks waghahan; 2) ngedeskripsiken pembelajaran keterampilan bebalah bahasou Lappung melalui model discovery learning jamou teks waghahan; 3) ngedeskripsiken hasil pembelajaran keterampilan bebalah bahasou Lappung melalui model discovery learning jamou teks waghahan; 4) ningkatken nilai keterampilan bebalah bahasou Lappung melalui model discovery learning jamou teks waghahan. Strategi kognitif, digonoukan ulah bebalahan merleuken pengetahuan jamou penguasaan tentang isi bebalahan jamou kaidah bahasa sebagai media penyampaiannou. Metode sai digonouken iyulah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian di kelas VIII A SMP Negeri 4 Bandar Lampung jamou wou siklus. Enggal siklus terdiri jak perencanaan, tindakan, observasi, jamou refleksi. Enggal siklus wou pertemuan. Hasil penelitian ngegambarken wat peningkatan 1) rencana pembelajaran melalui model discovery learning siklus I perencanaan pembelajaran dilem kriteria wawai, siklus II rencana pembelajaran dilem kriteria sangat wawai, 2) siklus I pelaksanaan pembelajaran dilem kriteria wawai sedangken siklus II pembelajaran dilem kriteria sangat wawai, 3) hasil pembelajaran keterampilan bebalah siswa mesou nilai rata-rata siklus I jamou jumlah 68,57 dilem kriteria cukup, sedangken siklus II mesou nilai rata-rata jamou jumlah 85,00 dilem kriteria wawai, 4) kegiatan pembelajaran secarou keseluruhan, apabila dinah jak hasil penilaian penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran jamou penilaian pembelajaran nyulukken watnou peningkatan, hasil siklus II lebih wawai jak siklus I. Kata Kunci: discovery learning, keterampilan bebalah, teks waghahan ABSTRACT research is based on the low ability of students’ speaking skill. This case happens because the teacher has not done appropriate plan, process, and evaluation that can improve students’ speaking skill. Therefore, the objectives of this research are 1) to describe the planning of learning speaking skill of Lampungnese through discovery learning model with waghahan texts; 2) to describe the learning speaking skill of Lampungnese through discovery learning model with waghahan texts; 3) to describe the result of learning speaking skill through discovery learning model with waghahan texts; 4) to improve the score of learning speaking skill of Lampungnese through discovery learning model with waghahan texts. Cognitive strategy is used because speaking needs knowledge and mastery about the content and rule of language as a media of its delivery. The research used Classroom Action Research. This research was conducted in two cycles at the VIII A class of SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Each cycle consisted of plan, action, observation, and reflection. Each cycle had two meetings. The result of the research showed that there was improvement; 1) the lesson planning through discovery learning model at cycle I was in good category, while at cycle II, it was in very good category; 2) the process of learning at cycle I was in good category, while at cycle II, it was in very good category; 3) the learning result of students’ speaking skill got everage score that at cycle I, it was 68.57 with enough category, while at cycle II, it was 85.00 with good category; 4) wholly, the learning process when it was seen from the result of arranging lesson plan, teaching learning process, and evaluating of learning showed that there was improvement. The result of cycle II was better than cycle I. Key words: discovery learning, speaking skill, Waghahan texts

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Depositing User: 201887275 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:22
Last Modified: 26 Apr 2018 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31238

Actions (login required)

View Item View Item