PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Hamatun, 1423022031 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (942Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (942Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat membantu siswa menemukan suatu konsep secara mandiri dengan memecahkan setiap masalah yang ada di dalamnya. LKS yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, maka dalam mengembangkan LKS perlu dikombinasikan dengan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat dimanfaatkan adalah Problem Based Learning (PBL). Model PBL adalah salah satu model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKS berbasis PBL untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan melakukan tujuh langkah penelitian yaitu pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draft produk awal, uji coba produk (validasi), revisi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Validasi produk mencakup validasi isi, konstruk, dan keterbacaan menggunakan angket. Hasil rerata nilai validitas isi masuk dalam Hamatun iv kategori sangat baik, validitas konstruk masuk dalam kategori baik, serta keterbacaan produk masuk dalam kategori sangat baik. LKS dapat dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil respon guru masuk kategori sangat baik dan hasil respon siswa masuk kategori baik. Hasil uji efektivitas diketahui bahwa rerata nilai post test lebih besar dari rerata nilai pre test dan nilai n-gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Keterampilan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan untuk setiap indikator berpikir kritis. Simpulan yang didapatkan bahwa produk yang dikembangkan yakni LKS berbasis PBL telah efektif untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, LKS, Problem Based Learning. ABSTRACT Student’s Worksheet (SW) can help students to find a concept independently by solving every problem in it. SW developed in accordance with their needs, then in developing the SW it is needed to be combined with a learning model in accordance with student’s needs. One of learning models that can be utilized is Problem Based Learning (PBL). The PBL model is one of learning models that can train students' critical thinking skills. The purpose of this research is to develop SW based on PBL to train students' critical thinking skill. Research method of this paper is Research and Development by doing seven research steps: information collection, planning, initial product draft development, product testing (validation), product revision, field trial, and final products. Product validation includes content validity, construct validity, and legibility using questionnaires. Average score of content validity is categorized as excellent, construct validity as good, and legibility of the product as excellent category. SW is feasible to be used in the learning process. Moreover, teacher response result is categorized as Hamatun vi excellent and students’ response results good. The result of effectiveness test shows that post test score average is higher than pretest score average, and then experimental n-gain class score is higher than control class. Students' critical thinking skills also improved in every indicator of critical thinking. Drawing conclusions obtained that SW based on PBL as developed product of this research is effective in training students' critical thinking skill. Key Words: critical thinking skills, Problem Based Learning, Worksheet.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201834677 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2018 04:11
Terakhir diubah: 26 Apr 2018 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31247

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir