EVALUASI KERAGAMAN KARAKTER MORFOLOGI DAN AGRONOMI LIMA POPULASI F1 HALF-SIB UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) DI BANDAR LAMPUNG

PANCASACHINA YUSARTIKA, 1314121133 (2018) EVALUASI KERAGAMAN KARAKTER MORFOLOGI DAN AGRONOMI LIMA POPULASI F1 HALF-SIB UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) DI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (739Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (567Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permintaan terhadap ubi kayu setiap tahunnya meningkat, diiringi dengan adanya laju pertambahan penduduk dan rencana penggunaan substitusi bahan bakar etanol. Salah satu upaya peningkatan produksi dan produktivitas yaitu melalui kegiatan perakitan varietas unggul. Evaluasi keragaman merupakan tahap dalam perakitan klon-klon unggul yang dilakukan pada generasi pertama (F1). Keragaman karakter sebagai parameter genetik yang diperlukan agar proses seleksi klon-klon unggul efektif untuk dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Pertanian Universitas Lampung dari bulan Mei 2016 sampai dengan Maret 2017 yang bertujuan untuk mengetahui keragaman karakter morfologi dan agronomi lima populasi F1 half-sib ubi kayu (Manihot esculenta Crantz). Lima populasi F1 half-sib tersebut antara lain keturunan tetua betina UJ5, Cimanggu, UJ3, Klenteng37, dan Mulyo3. Penelitian ini berada pada tahap evaluasi klonal, sehingga dilakukan tanpa ulangan. Karakterisasi klon berdasarkan pada karakter kualitatif dan kuantitatif. Keragaman karakter kualitatif luas jika persentase keragaman fenotipe rekombinan (KFR) ≥ 67%, sedang jika KFR antara ≥ 33% dan < 67%, dan sempit jika KFR < 33%. Keragaman karakter kuantitatif luas jika kisaran total (Range) ≥ 2 x Interquartile Range (IQR) dan sempit jika Range < 2 x IQR. Karakter kualitatif populasi F1 dari lima populasi terdiri dari tiga karakter pengamatan yaitu warna pucuk daun yang didominasi oleh warna hijau muda, warna tangkai atas daun didominasi oleh warna merah kehijauan, dan warna tangkai bawah daun didominasi oleh warna hijau. Karakter kuantitatif pada populasi half-sib UJ 5 dan UJ3 menghasilkan keturunan dengan semua karakter keragaman luas. Cimanggu semua karakter luas, kecuali pada panjang lobus dan rendemen pati. Klenteng 37 hanya pada karakter rendemen pati yang sempit, dan Mulyo3 karakter yang sempit hanya terdapat pada lebar lobus daun. Kata kunci: klon F1, karakterisasi, karakter kualitatif, dan karakter kuantitatif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 201887320 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2018 07:08
Terakhir diubah: 26 Apr 2018 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31248

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir