SULISTIYOWATI , 1523025006 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3577Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3581Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) pada materi gelombang bunyi yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang diadopsi dari Borg & Gall (2003). Kevalidan LKS hasil pengembangan didasarkan pada hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi dan konstruksi. Hasil validasi kesesuaian isi dan validasi konstruk oleh ahli berkategori sangat tinggi, dan kedua ahli menyatakan isi LKS valid untuk digunakan. Kepraktisan LKS hasil pengembangan didasarkan kepada keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS, serta respon siswa. Hal ini dapat terlihat dari keterlaksanaan LKS yang berkategori tinggi dan penilaian guru terhadap LKS yang berkategori tinggi, serta respon positif siswa setelah menggunakan LKS. Keefektifan LKS hasil pengembangan dapat dilihat dari meningkatnya literasi sains siswa dengan rata-rata n-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (eksperimen = 0,43 dan kontrol = 0,28). Efektivitas pembelajaran menggunakan LKS berbasis STEM didukung ini oleh hasil wawancara yang menyatakan bahwa hampir semua siswa dapat menyelesaikan kegiatan pada LKS berbasis STEM dengan baik. Kata kunci : STEM, literasi sains, v abstract This study aims to produce LKS based on Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) on valid, practical and effective sound wave material to improve students' science literacy. This research is a type of research and development (R & D) adopted from Borg & Gall (2003). The results of development LKS validity based on the results of expert validation on content conformity and construction aspects. The result of construct validation by highly categorized experts, as well as validation of contents with categories is quite valid and both experts declare the contents of LKS is valid to use. The practicality of LKS result of development based on the implementation of learning using LKS, and student response. This can be seen of high-categorized LKS from the implementation and the high-categorized LKS teacher's assessment, as well as after using the LKS students' positive response. The effectiveness of LKS result of development can be seen from the increase of students science literacy with average n-Gain in experiment class is higher than control class (experiment = 0,43 and control = 0,28). Effectiveness of learning using the STEM-based LKS is supported by interviews stating that almost all students can complete activities on STEM-based LKS well. Keywords: STEM, science literacy,
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | 201890789 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 03:28 |
Terakhir diubah: | 28 Apr 2018 03:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31299 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |