PEMBELAJARAN MUPADUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE BUSS GROUPS DI EKSTRAKULIKULER SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG

ARIS MUNANDAR, 1313043007 (2018) PEMBELAJARAN MUPADUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE BUSS GROUPS DI EKSTRAKULIKULER SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1975Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1975Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran tari mupadun dengan menggunakan model pembelajaran cooperative buss groups pada kegiatan ekstrakulikuler di SMA Yadika Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang mengikuti ekstrakulikuler tari di sekolah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengamati objek penelitian adalah lembar pengamatan model kooperatif tipe buss groups, dengan melakukan pengamatan proses belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan aspek TANDUR untuk merumuskan hasil pembelajaran. Panduan pelaksanaan model kooperatif tipe buss groups dengan aspek TANDUR memperoleh hasil pembelajaran pada masing-masing aspeknya, pertama yaitu Aspek Tumbuhkan, pada tahap ini siswa mendapat nilai 100 dengan kriteria baik sekali, aspek Alami siswa memperoleh nilai 93 dengan kriteria baik sekali, aspek Namai rata-rata siswa memperoleh nilai 87 dengan kriteria baik sekali, aspek Demonstrasikan siswa memperoleh nilai 87 dengan kriteria baik sekali, aspek Ulangi siswa mendapat nilai 87 dengan kriteria baik sekali dan aspek Rayakan siswa mendapat nilai 83 dengan kriteria baik sekali. Kata kunci: model kooperatif tipe buss groups, tari Mupadun ABSTARCT This study aims to describe the learning of mupadun dance by using cooperative buss groups learning model at extracurricular activities in Yadika’s Senior High School. The research method used is descriptive qualitative. Sources of data in this study were 12 students who followed extracurricular dance at school. Data collection techniques used in this research are observation, interview, and documentation, The instrument used to observe the object of research is the observation sheet of the application of cooperative model of buss groups, by observing the students learning process and student activity and practice test to see the student's learning result, then perform the analysis by using TANDUR aspect to formulate the learning result. Guidance for the implementation of cooperative model of buss groups type with TANDUR aspect to get learning outcomes in each aspect, first is Aspect Tumbuhkan, at this stage the students get average value 100 with criteria is good, the average aspect Alami of students get 93 with criteria very good, the average aspect Namai students score 87 with good criteria, Demonstrasikan aspect average student get value 87 with criterion very good, in Ulangi aspect average student get value 87 with criteria is good and in aspect Rayakan average students got a score of 83 with a very good criteria. Keywords: cooperative model of buss groups type, Mupadun dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> MT Musical instruction and study
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 201829217 . Digilib
Date Deposited: 27 Apr 2018 09:22
Terakhir diubah: 27 Apr 2018 09:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31311

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir