DEKI PRABOWO, 1313043011 (2018) PEMBELAJARAN TARI BEDAYO TULANG BAWANG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMPN 1 BANJAR AGUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (633Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1017Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari bedayo tulang bawang pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 1 Banjar Agung. Rumusan masalahnya yakni bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari bedayo tulang bawang. Ada 13 ragam ragam gerak yang diberikan oleh guru pembimbing yaitu lapah tebeng, ngetir, ngapu gincang, samber melayang, mampan bias, kilat mundur, gubugh gakhang, cangget, sembah pembukou, lipeto, ngegencang bumi, ngegiser dan ngerujung. Proses pembelajaran tari bedayo tulang bawang diikuti oleh 25 siswa selama enam kali pertemuan dengan metode yang digunakan guru yaitu metode demonstrasi. Teori belajar yang digunakan adalah teori belajar behavioristik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode lapangan dan keperpustakaan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data melalui tahap reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari proses pembelajaran tari bedayo tulang bawang diperoleh melalui tes praktik. 2 siswa mendapat kriteria sangat baik, 11 siswa mendapat kriteria baik, 4 siswa mendapat kriteria cukup dan 8 siswa mendapat kriteria kurang. Kata Kunci: demonstrasi, ekstrakurikuler, tari. ABSTRACT This research was aimed to describe the process and the result of bedayo tulang bawang dance learning that in the extracurricular activity at SMPN 1 Banjar Agung. The research problem was how the process and the learning result of bedayo tulang bawang dance. There were 13 varieties of movement that were given by the teacher. They were lapah tebeng, ngetir, ngapu gincang, samber melayang, mampan bias, kilat mundur, gubugh gakhang, cangget, sembah pembukow, lipeto, ngegencang bumi, ngegiser, and ngerujung. The process of bedayo tulang bawang dance learning was attended by 25 students during six meetings with the method that was used by teacher was demonstration method. Learning theory used in this research is behavioristic. The research method used is the method of field and library with data collection techniques used in this research through observation, interview and documentation with the kind of qualitative descriptive study. Data analysis through the stages of reduction, the presentation of the data and conclusions. The result of the dance learning process was gained through practice test. There were 2 students gained excellent criteria, 11 students gained good criteria, 4 students gained adequate criteria and the other 8 gained poor criteria. Keywords: dance, demonstrations, extracurricular activities.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > M Music |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 201849516 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Apr 2018 08:14 |
Terakhir diubah: | 27 Apr 2018 08:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31312 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |