IMPLEMENTASI STRATEGI PENGARUSUTAMAAN GENDER MELALUI PROGRAM PENINGKATAN PEMBERDAYAAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN PEREMPUAN DI PROVINSI LAMPUNG

MUTIARA SEPTIANI EKA PUTRI , 1416041062 (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PENGARUSUTAMAAN GENDER MELALUI PROGRAM PENINGKATAN PEMBERDAYAAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN PEREMPUAN DI PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3490Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3491Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ketidakadilan dan ketidaksetaraan gender merupakan kondisi timpang antara perempuan dan laki-laki di Provinsi Lampung yang ditandai dengan perlakuan berbeda antara perempuan dan laki-laki, tingginya tingkat kekerasan dan pengangguran perempuan. Dinas PPPA Provinsi Lampung berupaya mengatasi masalah tersebut dengan mengimplementasikan strategi PUG. Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi dan analisa mengenai implementasi strategi PUG di Provinsi Lampung serta kendalanya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi PUG diimplementasikan melalui Program Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi dan Kesejahteraan Perempuan, dengan kegiatan Pembinaan Bagi Keluarga Miskin dalam Pembangunan Ekonomi Kreatif berupa pelatihan pengolahan potensi alam setempat menjadi produk makanan maupun kerajinan yang bernilai jual tinggi untuk meningkatkan kualitas perempuan miskin desa serta iv Penilaian Lomba P3KSS yang dilaksanakan secara merata di Provinsi Lampung. Implementasinya terkendala keterbatasan anggaran, tidak ada kerjasama dengan pihak swasta, belum adanya LSM yang konsentrasinya pada peningkatan kualitas perempuan pada bidang ekonomi, sering terjadi mutasi pelaksana, serta kesadaran dan konsistensi sasaran program yang belum terbangun secara maksimal. Dinas PPPA perlu melakukan upaya khusus dalam menjalin kerjasama dengan pihak swasta, mendorong terbentuknya lembaga perempuan yang konsentrasi pada bidang ekonomi perempuan, memperluas sasaran penguatan kelembagaan PUG, membuat fokus waktu dalam pelaksanaan program yang efektif dalam 5 tahun, serta perempuan di Provinsi Lampung harus berpikir maju dan mandiri. Kata Kunci: Implementasi Strategi, Pengarusutamaan Gender, Keadilan dan Kesetaraan Gender.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 201839095 . Digilib
Date Deposited: 27 Apr 2018 09:04
Terakhir diubah: 27 Apr 2018 09:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31314

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir