PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG

ZAHRA MILA PUTRI , 1313024095 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1856Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1857Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Model inkuiri yang mampu melatih kemampuan ilmiah siswa adalah Argument-Driven Inquiry (ADI). Proses pembelajaran dengan model ADI dengan berbasis praktikum harus didukung oleh penuntun praktikum. Penuntun praktikum yang digunakan selama ini belum mampu melatih kemampuan argumentasi siswa. Oleh karena itu, dikembangkan buku penuntun praktikum struktur dan fungsi tumbuhan dengan model ADI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik buku penuntun praktikum yang telah dikembangkan, kondisi optimum alat, bahan, dan prosedur, keterlaksanaan buku penuntun, penilaian ahli dan pendidik, serta respon siswa terhadap buku penuntun praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan yaitu define, desain, develop, dan dessiminate. Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Angket digunakan untuk uji validasi ahli dan praktisi, serta uji keterbacaan oleh siswa, sementara lembar observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan prosedur praktikum. Pada tahap pengembangan dilakukan penyusunan hasil produk. Data dalam penelitian ini berupa hasil validasi penuntun praktikum, data hasil angket respon guru dan siswa, data optimasi penuntun praktikum, dan data hasil observasi keterlaksanaan penuntun praktikum. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Buku penuntun praktikum struktur dan fungsi tumbuhan dengan model ADI dibuat dengan sampul yang cerah dan huruf Arial font 12. Setiap penuntun praktikum terdiri atas judul praktikum, dasar teori, tujuan, pertanyaan penelitian, alat, bahan, langkah kerja, skema argumentasi yang terdiri atas: claim, data, warrant, backing, sesi argumentasi, dan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil uji optimasi memperoleh skor 4. Hasil uji validasi ahli mendapatkan skor keidealan rata-rata 89% dan uji validasi guru mendapatkan skor keidealan rata-rata 97% dengan kriteria “baik sekali”. Sedangkan hasil uji keterbacaan oleh siswa mendapatkan persentase rata-rata skor sebesar 88% dengan kriteria “baik sekali”. Sementara, hasil uji keterlaksanaan prosedur praktikum menggunakan buku penuntun praktikum struktur dan fungsi tumbuhan dengan model ADI mendapatkan rata-rata skor 98% dengan kriteria “hampir seluruh kegiatan terlaksana”. Berdasarkan hasil analisis hasil penelitian dapat dikatakan bahwa buku penuntun praktikum struktur dan fungsi tumbuhan valid dan praktis. Kata kunci : Argument Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, struktur dan fungsi tumbuhan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 201870503 . Digilib
Date Deposited: 02 May 2018 03:04
Terakhir diubah: 02 May 2018 03:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31376

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir