STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM-SOLVING DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

YUNI RIYANTI, 1413031077 (2018) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM-SOLVING DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (760Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving dan Group Investigation (GI). Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam Penelitian ini seluruh kelas VIII yang berjumlah 390 Siswa dengan jumlah Sampel sebanyak 60 Siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan Tes Kemampuan berpikir kritis, Observasi, dan Wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan rumus T-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajaraannya menggunakan model pembelajaran tipe Problem Solving dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation, (2) kemampuan Menganalisis siswa yang pembelajaraannya menggunakan model Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model Group Investigation, (3) kemampuan Mensintesis siswa yang pembelajaraannya menggunakan model Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model Group Investigation, (4) kemampuan Mengenal dan Memecahkan Masalah siswa yang pembelajaraannya menggunakan model Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model Group Investigation, (5) kemampuan menyimpulkan siswa yang pembelajaraannya menggunakan model Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model Group Investigation, (6) kemampuan Mengevaluasi dan Menilai siswa yang pembelajaraannya menggunakan model Problem Solving lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model Group Investigation. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Solving, Group Investigation ABSTRACT This research is motivated by the low ability of critical thinking by using cooperative learning model of Problem Solving and Group Investigation (GI). The purpose of this research is to know the difference of students' critical thinking ability. The method used in this research is comparative method with experimental approach. The population in this study is the entire class VIII, amounting to 390 Students with a total sample of 60 Students. This research technique is Cluster Random Sampling. Technique of taking data with Test of Critical thinking ability, Observation, and Interview. Hypothesis testing using T- test formula two independent samples. The result of data analysis show (1) There is difference of critical thinking ability of student whose learning using problem solving model of Problem Solving compared with student using Group Investigation type model, (2) ability to analyze student with learning model of problem solving better than student using Group Investigation model, (3) Ability to Synthesize students whose learning using Problem Solving model is better than students using Group Investigation model, (4) Know and solve Problems Student problem using Problem Solving model is better than students who use model Group Investigation, (5) ability to conclude students whose learning using Problem Solving model is better than students using Group Investigation model, (6) Evaluating and Assessing students' he used the problem solving model better than students using Group Investigation model. Keywords: Critical Thinking Capability, Problem Solving, Group Investigation

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 201801728 . Digilib
Date Deposited: 02 May 2018 05:08
Last Modified: 02 May 2018 05:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31389

Actions (login required)

View Item View Item