Selvia Eka Putri, 1015011020 (2014) PENGARUH PELEBARAN RUAS JALAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA LALU LINTAS (Studi Kasus Jalan Soekarno-Hatta/Bypass Bandar Lampung). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (633Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (640Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (291Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (243Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR NOTASI.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (536Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (793Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan akan meningkatkan pergerakan dan penggunaan prasarana transportasi. Pelebaran ruas jalan adalah salah satu tindakan yang dapat dijadikan solusi. Akan tetapi seiring adanya solusi pelebaran jalan, maka kinerja lalu lintas juga akan semakin meningkat. Karena orang akan beralih menggunakan ruas jalan yang baru dilakukan pelebaran dengan alasan jalan tersebut masih mampu menampung volume lalu lintas yang ada. Untuk mengetahui pengaruh pelebaran ruas jalan terhadap peningkatan kinerja lalu lintas dan peningkatan kapasitas jalan maka perlu dilakukan penelitian dan analisis. Penelitian yang dilakukan yaitu survei volume lalu lintas dan kecepatan. Survei dilakukan pada hari Kamis dan Jumat di ruas jalan antara simpang Jalan Ki Maja dan simpang Jalan Untung Suropati. Metode perhitungan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) untuk Jalan Luar Kota. Dari hasil analisis, didapat bahwa pelebaran ruas jalan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja lalu lintas. Volume lalu lintas menuju simpang Ki Maja sebelumnya 1485,5 smp/jam dan setelah pelebaran menjadi 1783,8 smp/jam sedangkan arah menuju simpang Untung Suropati sebesar 1249,3 smp/jam dan setelah pelebaran menjadi 1748,2 smp/jam. Kapasitas jalan meningkat 2,63 x menjadi 3953,14 smp/jam. Tingkat pelayanan jalan juga meningkat untuk arah menuju simpang Ki Maja sebelumnya ialah E dan arah sebaliknya yaitu D meningkat menjadi A untuk kedua arah dengan derajat kejenuhan (DS) 0,4512 arah menuju simpang Ki Maja dan 0,4422 arah sebaliknya. Kecepatan arus rerata di lapangan didapat 46,55 km/jam dan kecepatan arus bebas didapat 63,67 km/jam. Untuk mengetahui kinerja jalan 3 tahun kedepan dilakukan perhitungan prediksi dengan dua skenario yaitu peningkatan pertumbuhan kendaraan dan asumsi hambatan samping tinggi. Hasil yang didapat yaitu 3 tahun yang akan datang tingkat pelayanan jalan Soekarno-Hatta menurun menjadi C. Kata kunci : pelebaran ruas jalan, kinerja lalu lintas, dan tingkat pelayanan jalan. The high growth number of vehicles will increase the movement and the use of transport infrastructure. Road widening is one of the action that can be used as the solution. However, this solution also increase the traffic performance. This is because people will switch to use the new road widened because they believe this road can accommodate the existing traffic volume. For finding out the effects of road widening toward the increasing of traffic performance and road capacity, it is necessary to conduct a research and an analysis. The conducted research is the traffic volume survey and the speed. This survei was conducted on Thursday and Friday at the road section between the intersection of Ki maja road and Untung Suropati. The calculation method used is Manual Indonesia Highway Capacity (MKJI, 1997) for the outer city road. The analysis result showed that the road widening was influence the traffic performance improvement. The volume of traffic to Ki Maja intersection before was 1485.5 smp/hour and after became 1783.8 smp/hour while direction toward Untung Suropati intersection at 1249.3 smp/hour and after became 1748.2 smp/hour. The road capacity increased 2.63 x into 3953.14 smp/hour. The level of service (LOS) is also increased, the direction toward Ki Maja intersection before was E and the opposite direction was D, increased to A for both directions with degree of saturation (DS) direction toward Ki Maja intersection 0.4512 and 0.4422 opposite direction. Mean flow speed when survey at 46,55 km/h and free flow speed at 63,67 km/h. To determine the traffic performance of the next 3 years the calculation of prediction with two scenarios, that an increase vehicle growth and assumption height side friction. The result is 3 year come the level of service Soekarno-Hatta road decreased to C. Key words: level of service, road widening, traffic performance.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | 067609 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Aug 2014 03:37 |
Terakhir diubah: | 29 Aug 2014 03:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3139 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |