SIKAP MAHASISWA TERHADAP PESAN KEBENCIAN DAN BERITA PALSU DI FACEBOOK TERKAIT KASUS BASUKI TJAHAYA PURNAMA YANG DISEBARKAN OLEH SARACEN (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Mahasiswa/i Strata 1 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung Angkatan 2015)

Nur Azizah Dewi Aniroh, 1416031096 (2018) SIKAP MAHASISWA TERHADAP PESAN KEBENCIAN DAN BERITA PALSU DI FACEBOOK TERKAIT KASUS BASUKI TJAHAYA PURNAMA YANG DISEBARKAN OLEH SARACEN (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Mahasiswa/i Strata 1 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung Angkatan 2015). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2260Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1798Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap Mahasiswa/i Strata 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung Angkatan 2015 dalam menyikapi pesan kebencian dan berita palsu yang disebarkan Saracen melalui Facebook terkait kasus Basuki Tjahaya Purnama (Ahok). Teori dalam penelitian ini menggunakan Teori Kemungkinan Elaborasi. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan sampel sebanyak 87 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan kebencian dan berita palsu yang diterima mahasiswa diproses dengan jalur periferal. Meskipun terdapat signifikan antara pesan kebencian dan berita palsu dengan sikap terhadap pesan kebencian dan berita palsu, namun sikap yang terbentuk tersebut tidak kuat dan mudah berubah dengan berbagai faktor lainnya yang dapat mempengaruhi mahasiswa dalam melakukan pengambilan keputusan atau dalam bersikap. Kata kunci: Pesan Kebencian, Berita Palsu, Sikap ABSTRACT This study aims to determine the attitudes of Undergraduate Students of Social and Political Science Faculty of Lampung University enrolled in 2015 toward hate speech and hoax related to Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) case spreaded by Saracen via Facebook. The theory in this research is Elaboration Likelihood Model. This research was conducted quantitatively with descriptive approach and used questionnaires as data collection instrument. The samples of this research were 87 respondents with Total Sampling method. The results show that hate speech and hoax received by students are processed by peripheral route. Although there is a significant correlation between hate speech and hoax with attitudes to hate speech and hoax, the resulting attitudes are not strong and can be easily altered by other factors which can influence students in decision making or behaving. Keywords: Hate speech, Hoax, Attitude

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 201809927 . Digilib
Date Deposited: 11 May 2018 01:45
Terakhir diubah: 11 May 2018 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31421

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir