HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERMAIAN EDUKATIF KARTU HURUF BERGAMBAR DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI

FARADILA SUCHI, 1413054014 (2018) HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERMAIAN EDUKATIF KARTU HURUF BERGAMBAR DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1096Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1097Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal huruf anak usia 4- 5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan alat permainan edukatif kartu huruf bergambar dengan kemampuan mengenal huruf anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa TK Bina Mulya kelompok usia 4- 5 tahun yang berjumlah 16 anak. Analisis data menggunakan korelasi Mannwhiteney. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilaipada kartu huruf bergambar sebesar 87 dengan kategori sangat aktif dan rata-rata nilai pada kemampuan mengenal huruf sebesar 82 dengan kategori berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan alat permainan edukatif kartu huruf bergambar dengan kemampuan mengenal huruf anak dengan koefisien nilai Z sebesar -0,811 dengan taraf signifikansi 5%. Kata kunci : alat permainan edukatif, anak usia dini, kartu huruf bergambar, kemampuan mengenal huruf. abstract The problem on this research was the low of children’s ability to recognize letters of ages 4-5 th. The research aimed to know the correlation of using educative game tools picture letter cards and ability to recognize letters. The research used a quantitative method with the correlation approach. The research subject was 16 student of group 4-5 th in Bina Mulya Kinder Garden. The data analysis used mann-whiteney. The research showed the average score of game tools picture letter cards value whice is 87 includes a very active category and the average score of ability to recognize letters value whice is 82 includes according to expectations category. The result showed that there is a correlation positive and significant between the use educative game tools picture letter cards and ability to recognize letters with the coefficient Z is -0,811 with level significant 5%. Keywords: educative game tools, children, picture letter cards, ability to recognize letters.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: 201896777 . Digilib
Date Deposited: 24 May 2018 06:03
Last Modified: 24 May 2018 06:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31431

Actions (login required)

View Item View Item