PENGEMBANGAN LKPD MENULIS PUISI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

LAUDIA RISKA UMAMI, 1623041009 (2018) PENGEMBANGAN LKPD MENULIS PUISI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1263Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1264Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan agar pembelajaran lebih efektif dan bermakna guna mencapai keberhasilan dalam pembelajaran, untuk itu perlu dilakukan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) menulis puisi berbasis pendekatan kontekstual dan mendeskripsikan kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Prosedur penelitian dilaksanakan dengan mengadaptasi lima dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall sehingga didapat produk operasional berupa LKPD. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada tiga sekolah di Provinsi Lampung yang meliputi SMPN 1 Way Jepara, SMPN 1 Labuhan Ratu, dan SMPN 2 Labuhan Ratu pada tahun pelajaran 2018/2019. Validasi rancangan produk dilakukan oleh ahli/pakar yang relevan dan penilaian teman sejawat, kemudian diujicobakan kepada siswa SMP tersebut. LKPD pada penelitian ini layak digunakan dalam pembelajaran menulis puisi di SMP. Hal ini terlihat dari hasil uji ahli materi pembelajaran diperoleh nilai 92,50 dan ahli media pembelajaran diperoleh nilai 93,33 dengan kategori layak. Uji coba produk pada kelas kecil dilakukan sebagai bentuk evaluasi awal sebelum diujicobakan di kelas besar dengan perolehan nilai sebesar 79,37 kategori layak diujicobakan. Uji kelas besar dilakukan sebagai bentuk evaluasi rancangan produk LKPD dengan perolehan nilai sebesar dan 83,64 dengan kategori layak. Uji kelayakan LKPD oleh praktisi, guru Bahasa Indonesia pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu, SMP Negeri 2 Labuhan Ratu, dan SMP Negeri 1 Way Jepara didapat nilai rata-rata 90 dengan kategori layak. Berdasarkan angket uji kelayakan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa LKPD menulis puisi berbasis pendekatan kontekstual layak untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Kata kunci: LKPD, Menulis Puisi, dan Pendekatan Kontekstual abstract This study was conducted in order to be more effective and meaningful learning in order to achieve success in learning, it is necessary to do research development. The purpose of this study is to produce Activity Sheet Students (LKPD) wrote a poem based on a contextual approach and describe its feasibility. This study uses research and development or Research and Development (R&D). Research procedures implemented by adapting five of the ten steps in research procedures and development according to Borg and Gall thus obtained in the form of operational products LKPD. The research was conducted through observation, interviews, and questionnaires at three schools in Lampung Province which includes SMPN 1 Way Jepara, Labuhan Ratu SMPN 1 and SMPN 2 Labuhan Ratu in the academic year 2018/2019. Validation is done by an expert product design / assessment relevant experts and peers, and then tested on the junior high school students. In this study LKPD use for fit in learning to write poetry at junior high school. This is evident from the test results obtained by the value of learning materials experts 92.50 and expert instructional media obtained 93.33 value with decent category. The test product on small classes performed as the initial evaluation form before tested in a large classroom with the acquisition value of 79.37 feasible categories tested. Big class test conducted as a form of evaluation LKPD product design with the acquisition value of and 83.64 with decent category. LKPD due diligence by practitioners, teachers Indonesian in class VIII SMP Negeri 1 Labuhan Ratu, Junior High School 2 Labuhan Ratu, and SMPN 1 Way Jepara obtained an average value of 90 with a decent category. Based on the due diligence questionnaire that has been done, it can be concluded that LKPD write poems based contextual approach deserves to be used as teaching materials for class VIII SMP / MTs. Keywords : LKPD, Writing Poetry and Contextual Approach

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 201823872 . Digilib
Date Deposited: 12 May 2018 03:41
Terakhir diubah: 12 May 2018 03:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31433

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir