PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MERIYATI, 1413041050 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3585Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3587Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dipaparkan ialah bagaimana pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini meliputi perencanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas guru dan siswa, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi berupa foto dan video, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Semua indikator dalam perencanaan pembelajaran telah dipenuhi guru dalam RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan inti terjadi aktivitas siswa yang meliputi (1) aktivitas melihat, (2) aktivitas lisan, (3) aktivitas mendengar/ menyimak, (4) aktivitas menulis, (5) aktivitas mental, dan (6) aktivitas emosional. Penilaian pembelajaran dilakukan oleh guru dengan teknik penilaian autentik. Guru hanya menilai pembelajaran dari dua ranah, yaitu pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sikap tidak dilakukan oleh guru karena dalam RPP yang dibuat oleh guru untuk aspek penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan. Hal tersebut dikarenakan guru telah menggunakan Kurikulum 2013 edisi revisi. Penilaian pengetahuan dilakukan guru dengan memberikan tes secara lisan selama proses pembelajaran berlangsung untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan meminta peserta didik untuk menulis cerita pendek. Kata kunci: pembelajaran, menulis, cerita pendek.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 201851583 . Digilib
Date Deposited: 14 May 2018 07:17
Terakhir diubah: 14 May 2018 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31439

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir