EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP DAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MADE SELPIANA , 1413031033 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP DAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1579Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1158Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dan Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan life skill (kecakapan hidup) siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Bandar Lampung yang berjumlah 293 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penilaian antar teman. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan rata-rata life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada mata pelajaran IPS Terpadu (2) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dilihat dari kecakapan mengenal diri (3) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dilihat dari kecakapan berpikir rasional (4) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dilihat dari kecakapan bekerjasama (5) Life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dilihat dari kecakapan berkomunikasi. Kata kunci: Kecakapan Hidup (Life Skill), Co-op Co-op, Think Talk Write

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 201822166 . Digilib
Date Deposited: 15 May 2018 07:53
Terakhir diubah: 15 May 2018 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31448

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir