IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA PENGUASAAN KONSEP KALOR PESERTA DIDIK

MARETHA ZAHARA , 1413022044 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MEREDUKSI DISPARITAS GENDER PADA PENGUASAAN KONSEP KALOR PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2419Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2420Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kegiatan pembelajaran di kelas tidak bisa dilepaskan dari adanya model dan pendekatan karena dalam melancarkan kegiatan pembelajaran dan meningkatkan pemahaman konsep serta kecerdasan peserta didik tentunya harus diimbangi dengan pengguanaan pendekatan pembelajaran. Kurang efisiennya pendekatan yang digunakan di sekolah dapat menghambat kegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk pendekatan yang mendukung proses pembelajaran mandiri adalah Pendekatan Terpadu Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Hasil observasi di kelas XI MIPA SMA 14 Bandar Lampung menyatakan pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tidak variatif. Tujuan penelitian ini adalah memperkenalkan Pendekatan Terpadu STEM berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Kalor untuk peserta didik SMA yang digunakan secara menarik, mudah, dan bermanfaat sebagai pembelajaran inovatif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuasi eksperimen. Adapun prosedur penelitian ini meliputi Maretha Zahara iii analisis kebutuhan, identifikasi spesifikasi pendekatan yang diinginkan penggunaannya, pembuatan instrumen, uji instrumen, uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain score, uji paired sample t-test, uji ukuran efek, uji independent sample t-test, dan uji Analysis of Covariance. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan data pada tabel Sig. (2-tailed) < α (α : 0.05) artinya ada perbedaan hasil pretest dan posttest yang menggunakan pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) didukung hasil uji ukuran efek yang menunjukkan nilai ukuran efek sebesar 0.90 untuk kelas eksperimen laki-laki dan 0.99 untuk kelas eksperimen perempuan terklasifikasi large atau besar pengaruhnya terhadap pemahaman konsep. Hasil uji independent sample t-test diketahui bahwa Sig. (p-value) ≥ α (α : 0.05), menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep peserta didik laki-laki dan perempuan dan menurut hasil uji Analysis of Covariance data N-Gain Sig. (p-value) ≥ α (α : 0.05), tidak ada perbeda an rata-rata pemahaman konsep peserta didik laki-laki dan perempuan setelah menggunakan pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan STEM berbasis Problem Based Learning yang telah teruji dapat digunakan sebagai bahan pendekatan proses pembelajaran yang meningkatkan pemahaman konsep dan mereduksi disparitas gender peserta didik. Kata kunci: pendekatan STEM, Problem Based Learning, disparitas gender.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 201820890 . Digilib
Date Deposited: 18 May 2018 07:59
Terakhir diubah: 26 May 2018 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31462

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir