APLIKASI KOMPOS TERINDUKSI INOKULUM FUNGI SELULOLITIK (Aspergillus fumigatus) DAN FUNGI LIGNINOLITIK (Geotrichum sp.) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI MERAH BESAR (Capsicum annuum L.)

Ayu Wulan Septitasari, 1417021018 (2018) APLIKASI KOMPOS TERINDUKSI INOKULUM FUNGI SELULOLITIK (Aspergillus fumigatus) DAN FUNGI LIGNINOLITIK (Geotrichum sp.) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI MERAH BESAR (Capsicum annuum L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1642Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1642Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengelolaan limbah baik hewan maupun tumbuhan, salah satunya ialah dengan mendaur ulang limbah tersebut menjadi kompos. Kompos merupakan hasil perombakan bahan organik yang diproses oleh mikroorganisme dekomposer seperti fungi menjadi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Fungi yang efektif dalam pengomposan diantaranya ialah Aspergillus fumigatus dan Geotrichum sp. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos yang terinduksi fungi selulolitik (Aspergillus fumigatus) dan fungi ligninolitik (Geotrichum sp.) terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman cabai merah besar (Capsicum annuum L.). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2017 di green house Laboratorium Lapang Terpadu Fakultas Pertanian. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan dosis kompos selulolitik dan ligninolitik: 0 %, 10 %, 20%. Setiap kombinasi perlakuan diulang 3 kali sehingga satuan percobaan adalah 27 kali dengan 4 letak plot susunan yang sama. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, berat segar, berat kering, rasio tunas akar, kadar air relatif dan kandungan klorofil a, b dan total. Homogenitas ragam ditentukan berdasarkan uji Levene pada taraf nyata 5%. Analisis ragam dan Uji BNT (Beda Nyata Terkecil) dilakukan pada taraf nyata 5%. Hasil menunjukkan bahwa kompos terinduksi fungi selulolitik (Aspergilus fumigatus) dan ligninolitik (Geotrichum sp) dapat meningkatkan pertumbuhan vegetatif tanaman cabai merah besar (Capsicum annuum L.) yang meliputi tinggi tanaman, berat segar, berat kering, rasio tunas akar, kadar air relativ, kecuali kandungan klorofil a, b, dan total yang memberikan pengaruh namun tidak nyata. Kata kunci : Limbah, Kompos, Pengomposan, fungi, Aspergillus fumigatus, Geotrichum sp., Hara, Pertumbuhan, Capsicum annuum L.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201873128 . Digilib
Date Deposited: 30 May 2018 07:26
Terakhir diubah: 30 May 2018 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31509

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir