HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS GAJAH MADA SEPUTIH MATARAM

Hanifah Feni Sugianti, 1413053051 (2018) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS GAJAH MADA SEPUTIH MATARAM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1999Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1556Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan penelitian pendahuluan di kelas V SD Negeri Se-Gugus Gajah Mada, permasalahan yang berhubungan dengan prestasi belajar yaitu; (1) siswa kurang membaca buku dan membuat catatan, (2) siswa kurang fokus memperhatikan penjelasan guru ketika belajar di kelas, (3) kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran masih belum memenuhi harapan, seperti guru kurang merancang pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, (4) guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa dan mengembangkan potensi siswa, dan (5) prestasi belajar siswa yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar, persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar, serta kebiasaan belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Gajah Mada Seputih Mataram. Jenis penelitian yaitu expostfacto korelasi. Populasi berjumlah 149 siswa dan sampel penelitian berjumlah 63 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu: observasi, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar, terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar, dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kebiasaan belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru secara bersamasama dengan prestasi belajar siswa. Kata kunci: kebiasaan belajar, kompetensi pedagogik, prestasi belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 201812186 . Digilib
Date Deposited: 30 May 2018 06:19
Last Modified: 30 May 2018 06:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31510

Actions (login required)

View Item View Item