PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS SIMULASI MOLEKUL PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN DENGAN METODE KROMATOGRAFI

Vina Rosalina, 1313023086 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS SIMULASI MOLEKUL PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN DENGAN METODE KROMATOGRAFI. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1346Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1281Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS SIMULASI MOLEKUL PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN DENGAN METODE KROMATOGRAFI Oleh VINA ROSALINA Konsep kimia umumnya bersifat abstrak dan kompleks serta membutuhkan penalaran dan pemikiran tingkat tinggi. Materi kimia sebaiknya dijelaskan melalui visualisasi menggunakan animasi atau simulasi molekul yang dapat mem-bantu dalam berimajinasi serta memahami konsep-konsep kimia yang sulit dan kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi berbasis simulasi molekul pada materi pemisahan campuran dengan metode kromatografi, mendeskripsikan karakteristik media animasi, tanggapan guru, tanggapan siswa, mengetahui kendala-kendala, serta faktor pendukung dalam pengembangan media animasi berbasis simulasi molekul. Metode penelitian ini meng-gunakan metode Research and Development (R&D). Pengembangan media animasi dilakukan setelah analisis kebutuhan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media animasi berbasis simulasi molekul. Media animasi yang telah dikembangkan kemudian divalidasi untuk mengetahui aspek kesesuaian isi dan aspek kemenarikan dan kemudahan penggunaan. Hasil penelitian ini adalah media animasi berbasis simulasi molekul pada materi pemisahan campuran dengan metode kromatografi, yang memiliki karakteristik yaitu animasi yang memvisualisasikan molekul pada pokok bahasan materi pemisahan campuran dengan metode kromatografi melalui simulasi molekul. Hasil uji coba lapangan awal, guru dan validator memberikan tanggapan terhadap aspek kesesuaian isi yaitu masing-masing persentase sebanyak 91,11%, dan sebanyak 90,83% yang dikategorikan sangat tinggi, serta tanggapan guru, validator, dan siswa terhadap aspek kemenarikan dan kemudahan penggunaan yaitu masing-masing persentase sebanyak 90,19%, 90,56%, dan 89,72% dengan kategori sangat tinggi. Kata Kunci : animasi, kromatografi, pemisahan campuran, simulasi molekul

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 201870128 . Digilib
Date Deposited: 31 May 2018 04:45
Terakhir diubah: 31 May 2018 04:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31517

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir