APLIKASI KOMPOS TERINDUKSI INOKULUM FUNGI SELULOLITIK (Aspergillus fumigatus) DAN FUNGI LIGNINOLITIK (Geotrichum sp.) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merril)

SHINTA WULANDARI , 1417021111 (2018) APLIKASI KOMPOS TERINDUKSI INOKULUM FUNGI SELULOLITIK (Aspergillus fumigatus) DAN FUNGI LIGNINOLITIK (Geotrichum sp.) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merril). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1461Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1462Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perubahan iklim global dan produksi pertanian yang terjadi secara terus-menerus menyebabkan kondisi tanah semakin berkurang unsur hara dan kesuburannya. Kondisi tanah yang kekurangan unsur hara membutuhkan sumber hara lain berupa pupuk, salah satu pupuk yang perlu dipertimbangkan adalah kompos. Penambahan inokulum fungi selulolitik dan ligninolitik sebagai aktivator pengomposan yang memiliki kemampuan dalam mendegradasi bahan selulosa maupun lignin, diharapkan mampu mempercepat laju pengomposan dan meningkatkan produksi tanaman budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi kompos yang terinduksi inokulum fungi selulolitik (Aspergillus fumigatus) dan fungi ligninolitik (Geotrichum sp.) terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman kedelai (Glycine max (L.) Merril). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2017 di green house Laboratorium Lapang Terpadu Fakultas Pertanian. Penelitian ini dilaksanakan dalam Rancangan Acak Lengkap dengan 9 taraf dosis pupuk. Faktor utama adalah pemupukan dengan variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, berat kering tanaman, berat segar tanaman, kadar air relatif, rasio tunas akar dan kandungan klorofil a, b dan total. Homogenitas ragam ditentukan berdasarkan uji Levene pada taraf nyata 5%. Analisis ragam dan Uji BNT (Beda Nyata Terkecil) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompos terinduksi inokulum fungi selulolitik maupun fungi ligninolitik mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman kedelai, namun tidak berpengaruh terhadap kandungan klorofil a, b dan total. Secara keseluruhan pupuk majemuk atau pupuk yang dikombinasikan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan pupuk tunggal dalam meningkatkan pertumbuhan vegetatif tanaman kedelai. Kata kunci: Kompos, Unsur hara, Geotrichum sp., Aspergillus fumigatus Dekomposisi, Glycine max (L.) Merril, Pertumbuhan vegetatif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201884126 . Digilib
Date Deposited: 31 May 2018 06:13
Terakhir diubah: 31 May 2018 06:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31521

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir