INTERAKSI ANTARA EKSTRAK AIR BAWANG MERAH (Allium Cepa L.) DENGAN AIR KELAPA (Cocos nucifera L.) DALAM MENUNDA SENESCENCE POLONG KACANG KAPRI (Pisum sativum L.)

ANINDYA RAHMA , 141721010 (2018) INTERAKSI ANTARA EKSTRAK AIR BAWANG MERAH (Allium Cepa L.) DENGAN AIR KELAPA (Cocos nucifera L.) DALAM MENUNDA SENESCENCE POLONG KACANG KAPRI (Pisum sativum L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2155Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2157Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah campuran antara ekstrak air bawang merah dan air kelapa dapat menunda senescence polong kacang kapri. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Botani, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung pada bulan Oktober 2017. Penelitian disusun dalan rancangan faktorial 3x3. Faktor A adalah air kelapa dengan konsentrasi 0%v/v, 25%v/v, 50%v/v. Faktor B adalah ekstrak air bawang merah dengan konsentrasi 0%v/v, 12,5%v/v, 25%v/v. Variabel dalam penelitian ini adalah berat segar, berat kering, kadar air relatif, kandungan klorofil a, b, dan total polong kacang kapri. Parameter kuantitatif dalam penelitian ini adalah semua nilai tengah (µ) variabel. Homogenitas ragam ditentukan dengan uji Levene pada taraf nyata 5%. Analisis ragam dilakukandengan uji tukey pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi ekstrak air bawang merah pada konsentrasi 12,5%, 25% jika ditambah dengan air kelapa pada konsentrasi 50% akan berpengaruh nyata terhadap berat kering, dan interaksi antara ekstrak air bawang merah pada konsentrasi 12,5%,25% jika ditambah dengan air kelapa konsentrasi 25% akan berpengaruh nyata terhadap kandungan klorofil a,b, dan total. Namun interaksinya tidak berpengaruh nyata terhadap berat segar dan kadar air relatif polong kacang kapri. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi antara ekstrak air bawang merah dan air kelapa tidak dapat menunda senescence pada polong kacang kapri yang ditunjukan oleh penurunan kandungan klorofil a,b total dan berat kering. Kata Kunci : Senescence, Polong Kacang Kapri, Ekstrak Air Bawang Merah, Air Kelapa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 201830141 . Digilib
Date Deposited: 31 May 2018 04:23
Terakhir diubah: 31 May 2018 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31526

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir