ANALISIS KESESUAIAN MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013

ANGGRAINI EKA PUTRI, 1313024012 (2018) ANALISIS KESESUAIAN MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2053Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1998Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi Klasifikasi Tumbuhan pada buku teks dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman materi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan studi dokumentasi. Objek penelitian ini adalah buku yang paling banyak digunakan yaitu buku A dari penerbit Erlangga dan paling sedikit digunakan yaitu buku B dari penerbit Yrama Widya. Instrumen penelitian adalah lembar kesesuaian materi pada buku teks dari aspek keluasan dan kedalaman yang dibuat dengan mengacu pada KD dan buku acuan yang telah divalidasi oleh dosen ahli dan dosen pembimbing. Pengumpulan data melalui studi dokumentasi dengan menganalisis isi (konten) pada buku teks. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditinjau dari aspek keluasan materi menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian materi Klasifikasi Tumbuhan pada buku teks Biologi SMA kelas X yang diterbitkan oleh penerbit Erlangga (A) dan Yrama Widya (B) sama-sama memperoleh persentase sebesar 100% yaitu “sangat sesuai”. Sedangkan dari aspek kedalaman materi pada buku A diperoleh persentase 67% dengan kategori “sesuai” dan pada buku B diperoleh persentase 50% dengan kategori “kurang sesuai”. Selanjutnya, dari kedua hasil analisis tersebut diperoleh nilai rata-rata persentase pada buku Erlangga (A) sebesar 83,5 % dengan kategori “sangat sesuai” sedangkan rata-rata persentase pada buku Yrama Widya (B) sebsar 75% dengan kategori “sesuai”. Dengan demikian, kesesuaian materi pada buku teks Erlangga (A) dengan KD lebih tinggi dilihat dari segi keluasan dan kedalaman materi dibandingkan dengan buku teks Yrama Widya (B). Akan tetapi, kedua buku teks tersebut yaitu Erlangga dan Yrama Widya dapat dijadikan buku pegangan bagi siswa. Kata kunci : Analisis buku teks, keluasan materi, kedalaman materi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 201896439 . Digilib
Date Deposited: 04 Jun 2018 06:22
Last Modified: 04 Jun 2018 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31550

Actions (login required)

View Item View Item